Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gibran Sebut Temui Wapres Ma’ruf Amin untuk Mohon Bimbingan

Gibran Rakabuming Raka menemui Wapres KH Ma’ruf Amin di kediamanya, Jalan Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024) sore. foto: ist

SuaraTani.com - Jakarta| Wakil Presiden (Wapres) terpilih Gibran Rakabuming Raka menemui Wapres KH Ma’ruf Amin di kediamanya, Jalan Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024) sore. 

Pada pertemuan tertutup yang berlangsung sekitar 40 menit ini, Gibran Rakabuming mengatakan, dirinya menemui Wapres Ma’ruf untuk mohon bimbingan, petuah, dan petunjuk.

“Beliau (Wapres Ma’ruf Amin) adalah seorang senior, mentor, dan juga seorang Wakil Presiden yang sudah berhasil menjalankan tugasnya selama ini,” ungkap Gibran dalam keterangan persnya.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah secara resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024.

Penetapan itu disampaikan dalam rapat pleno yang digelar di Jakarta, Rabu (24/4/2024) pagi selang dua hari setelah Mahkamah Konstitusi (MK) membacakan putusan sengketa hasil Pilpres 2024.


Gibran menuturkan, Wapres menjelaskan mengenai pentingnya sinergi antara Presiden dan Wapres dalam menjalankan tugas-tugas kenegaraan.

“Beliau mengibaratkan seperti permainan Badminton double (ganda). Jadi harus kompak, saling sinergi, saling back up satu sama lain. Sekali lagi Presiden dan Wakil Presiden ini harus bisa saling mengisi satu sama lain,” terangnya.

Selain itu, sebut Gibran, Wapres juga menekankan pentingnya kentinuitas program-program pemerintah, terutama terkait pemerataan pembangunan.

"Jadi nanti dari Presiden sebelumnya lalu ke Pak Presiden yang baru, diharapkan ada keberlanjutan. Juga mungkin sering saya sampaikan pada waktu kampanye ataupun debat bagaimana pentingnya pemerataan pembangunan,” jelasnya.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi menambahkan,  Gibran masih fokus bekerja sebagai Walikota Solo.

“Mas Gibran mengundang Wapres ke Solo untuk meresmikan satu destinasi wisata yang sekarang masih belum selesai (pembangunannya). Masih diselesaikan oleh Kementerian PUPR. Jadi kira-kira Wapres akan meresmikan itu, kira-kira bulan Juni atau Juli,” ungkapnya.

Menurutnya, Wapres juga menceritakan mengenai tugas-tugas yang diembankan oleh Presiden Jokowi kepadanya. Seperti membangun kesejahteraan Papua, memberantas kemiskinan dan stunting, serta mengembangkan ekonomi syariah.

“Wapres mengibaratkan itu, Wapres tidak punya stempel, tidak ada keputusan dari Wapres, sehingga hanya menerima penugasan dari Presiden. Mungkin penugasan dari Presiden dalam hal ini Pak Prabowo (nanti), bisa sama, tapi juga bisa beda,” terangnya.

Kedua tokoh kata Masduki, juga banyak bercerita mengenai pengalaman masing-masing. Wapres bercerita bagaimana dirinya berkunjung ke Abu Dhabi, pernah salat di Masjid Jokowi.

Sementara sampai sekarang Presiden Jokowi belum sempat ke sana. 

"Saya kira Mas Gibran dan Pak Prabowo saat ini sedang melakukan safari-safari politik yang sangat penting untuk melakukan konsolidasi,” ujarnya.

Apakah Wapres Ma’ruf akan bertemu dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto? Menurut Jubir sejauh ini belum ada agenda tersebut.

“Sampai saat ini belum. Bapak Wapres tentu saja menunggu mungkin kapan waktu yang pas untuk masing-masing. Nanti akan diagendakan,” pungkasnya. * (jasmin)