Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Harga Anjlok, Pemerintah Didorong Beli Jagung Petani Sesuai HPP

Terjadi penurunan harga jagung secara signifikan di Kabupaten Bone, Sulawesi Tengah yang saat ini hanya Rp2.800 per kilogram (kg). foto: ist

SuaraTani.com - Jakarta| Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin mendapat laporan dari sejumlah petani jagung di Kabupaten Bone, Sulawesi Tengah. Bahwa terjadi penurunan harga jagung secara signifikan menjadi hanya Rp2.800 per kilogram (kg).

Harga ini jauh di bawah Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yang ditetapkan sebesar Rp4.200 per kg  oleh Badan Urusan Logistik (Bulog).

Menurut Akmal, kondisi ini sangat mengkhawatirkan, terutama bagi petani jagung di Sulawesi Selatan.

"Sebagai perwakilan rakyat dari wilayah Bone, saya, merasa perlu untuk menyoroti masalah ini dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan. Mengatasi situasi yang tidak menguntungkan bagi petani," kata Akmal dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Untuk itu, Pemerintah baik melalui Bulog atau Bapanas mesti dapat melakukan intervensi agar terjadi normalisasi harga sesuai HPP.

Dikatakannya, penurunan harga jagung secara drastis tidak hanya berdampak pada kesejahteraan petani. Tetapi juga dapat mengganggu ketahanan pangan di daerah tertentu, seperti Bone. 

Hal ini karena jagung merupakan salah satu komoditas penting dalam pangan nasional, dan harga yang tidak stabil dapat merugikan tidak hanya petani, tetapi juga konsumen akhir.

"Sebagai langkah konkret, saya mendesak pemerintah untuk melakukan intervensi yang lebih tegas dalam menstabilkan harga jagung di pasar. Saya mengajukan permintaan kepada Bulog untuk membeli jagung dari petani. Dengan harga sesuai HPP yang telah ditetapkan, yakni Rp4.200 per kilogram," tuturnya.

Ia juga menyampaikan perlunya adanya koordinasi yang lebih baik antara pemerintah daerah, petani, dan pemangku kepentingan lainnya. Untuk menemukan solusi jangka panjang terhadap masalah harga jagung yang terus merosot ini.

"Diperlukan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan efisiensi produksi, distribusi, dan pemasaran jagung agar harga dapat tetap stabil dan menguntungkan bagi semua pihak," tegasnya.

Akmal akan menggunakan wewenang dan kapasitasnya sebagai Anggota DPR RI untuk mengadvokasi kebijakan dan program yang mendukung petani jagung di Sulawesi Selatan II. 

Menurutnya, kesejahteraan petani harus menjadi prioritas utama dalam upaya membangun sektor pertanian yang berkelanjutan dan berdaya saing.

Dalam upaya menyelesaikan masalah ini, Akmal berkoordinasi dengan semua pihak terkait, termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi petani, dan lembaga terkait lainnya. Untuk berkolaborasi secara aktif dalam mencari solusi yang terbaik bagi kepentingan bersama. * (jasmin)