Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hati-hati! 5 Gunung Api dalam Status 'Siaga' dan 17 Status 'Waspada'

Gunung Merapi merupakan salah satu dari lima gunungapi yang saat ini masuk dalam status Siaga. foto: iStock

SuaraTani.com - Jakarta| Badan Geologi Kementerian ESDM telah membentuk Tim Tanggap Darurat Bencana Geologi yang akan merespon dengan cepat setiap bencana geologi yang terjadi dan siaga dalam waktu 24 jam.

Terpantau 5 gunungapi dalam status 'Siaga', yakni gunungapi Anak Krakatau, Ili Lewotolok, Marapi, Merapi, dan Semeru.

Kemudian, 17 gunungapi terpantau dalam status 'Waspada' yakni Gunungapi Awu, Banda Api, Bromo, Dempo, Dukono, Gamalama, Ibu, Karangetang.

Gunungapi Kerinci, Lewotobi LakiLaki, Lokon, Raung, Rinjani, Sangeangapi, Sinabung, Slamet, dan Soputan.

"Selannjutnya, 46 Gunungapi berada dalam status 'Normal'," kata  Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agus Cahyono Adi, dalam keterangan pers dikutip, Senin, (8/4/2024).

Adapun ke-46 gunungapi tersebut yakni Gunungapi Agung, Ambang, Anak Ranakah, Arjuno Welirang, Batur, Batutara, Bur Ni Telong.

Ciremai, Colo, Dieng, Ebulobo, Egon, Galunggung, Gamkonora, Gede, Guntur, Ijen, Ile Werung, Ili Boleng, Inelika, Inierie, Iya, Kaba.

Selanjutnya, Gunungapi Kelimutu, Kelud, Kie Besi, Lamongan, Lereboleng, Mahawu, Papandayan, Peut Sague, Raung, Rokatenda, Ruang, Salak.

Seulawah Agam, Sirung, Sorikmarapi, Sumbing, Sundoro, Talang, Tambora, Tandikat, Tangkoko, Tangkuban Parahu, dan gunungapi Wurlali.

"Seluruh masyarakat dapat memantau perkembangan aktifitas seluruh gunungapi di Indonesia. Melalui aplikasi/website Magma Indonesia (www.vsi.esdm.go.id atau http://magma.esdm.go.id). Dan, media sosial PVMBG (facebook, Twitter, dan instagram pvmbg_)," kata Agus.

Untuk bencana gerakan tanah berupa tanah longsor, kata Agus, PVMBG mencatat telah terjadi dua gerakan tanah longsor. Yakni di Perumahan Permata Puri dan RT 8/RW 4, Jabungan Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

"Tanggal 4 April 2024 telah terjadi bencana gerakan tanah longsor di Dusun Temanggung, Desa Kuripan, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah,"ujar Agus.

Tim Tanggap Darurat juga mencatat telah terjadi gempa bumi pada tanggal 6 April 2024 pada pukul 15:24:31 WIB dengan magnituda 5.2 di kedalaman 101 km.

"Goncangan gempa bumi dirasakan hingga ke Wamena dengan intensitas II MMI ini tidak ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan," pungkas Agus. * (wulandari)