Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jokowi Sebut Pasar Muara Bungo Harus Diperbaiki, Ini Alasannya

Presiden Jokowi meninjau Pasar Muarao Bungo, Rabu (4/4/2024), di Jambi. foto: ist

SuaraTani.com - Jambi| Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau Pasar Muara Bungo, di Kabupaten Bungo, Jambi, Kamis (4/4/2024). Dalam kunjungan itu, Presiden mengecek kondisi pasar dan ketersediaan bahan pokok. 

Menurutnya, perbaikan infrastruktur pasar untuk meningkatkan kesejahteraan pedagang penting untuk keberlangsungan ekonomi lokal.

“Ini yang paling penting, Pasar Muara Bungo ini harus diperbaiki sehingga pedagang ada di dalam. Kenapa mereka tidak mau ke dalam? Karena di dalamnya gelap, sehingga memang perlu penataan,” ujar Presiden.

Presiden telah menginstruksikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk segera melakukan penataan kembali Pasar Muara Bungo. 

Ia berharap, penataan tersebut membawa manfaat nyata bagi pedagang dan masyarakat sekitar.

“Saya sudah perintahkan tadi Pak Menteri PU sehingga pedagangnya nyaman, pasarnya ramai, tempat parkir juga tersedia dan kita harapkan pasar tradisional modern tetap ramai,” ungkap Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga menyoroti sejumlah potensi unggulan yang ada di Jambi. Menurutnya, Jambi memiliki beragam sektor yang menjanjikan, terutama dalam perkebunan dan pertanian rakyat.

“Saya kira banyak sekali ya, utamanya perkebunan rakyat, pertanian rakyat, saya melihat juga dari atas sepertinya tambang rakyat juga baik,” ujarnya.

Potensi tersebut, kata Presiden, harus dikelola dengan baik. Dalam kesempatan itu, Kepala Negara turut mengapresiasi keramahan masyarakat di Jambi.

“Ini potensinya gede sekali, kelihatan sekali dan masyarakatnya di sini baik-baik semua. Di Jambi, di Muara Bungo, di Merangin, di Tebo semuanya baik,” paparnya.

Sedangkan terkait stabilitas harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tersebut, Presiden Jokowi menyatakan kepuasannya atas kondisi saat ini. 

Menurutnya, harga sejumlah bahan pokok di Pasar Muara Bungo masih cukup baik.

“Stabilitas harga sama, sangat baik semuanya,” ucapnya.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan ini adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jambi Al Haris, dan Bupati Bungo Mashuri.* (jasmin)