Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Komisi IV Pantau Stok dan Harga Pangan Jelang Idulfitri

Tim Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI meninjau ketersediaan dan harga komoditas pangan strategis di Pasar Johar, Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/4/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Semarang| Tim Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI meninjau ketersediaan dan harga komoditas pangan strategis di Pasar Johar, Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/4/2024). 

Komisi IV menerima beberapa masukan dari para pedagang terkait tantangan yang mereka hadapi dalam menjaga persediaan bahan pokok. Serta faktor-faktor yang memengaruhi harga sembako, seperti kenaikan permintaan menjelang Lebaran.

“Kita harus pantau produksi persediaan bahan pokok menjelang Idulfitri. Karena seperti kita tahu terjadi banjir di beberapa kota, lalu kemacetan. Jangan sampai hal tersebut mempengaruhi stok dan harga di lapangan," ujar Endro Hermono, usai memimpin Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI ke Pasar Johar, Semarang.   

Endro juga mendapatkan temuan bahwa harga cabai di Pasar Johar mengalami kenaikan dari Rp28.000 menjadi Rp38.000. 

Menurutnya, kenaikan tersebut masih dalam batas yang wajar karena harga cabai pernah mecapai Rp41.000 per kg.

“Kita tanya pada bidang pertanian tadi, cabai-cabai yang ada di ladang dan siap panen melimpah. Sehingga walaupun kebutuhan banyak dan permintaan meningkat harga tidak akan melonjak tinggi karena stok tersedia," pungkasnya.

Politisi Partai Gerindra tersebut juga menekankan pentingnya menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok. Terutama mengingat dampaknya bagi masyarakat yang mempersiapkan kebutuhan Lebaran. 

Endro  menegaskan komitmennya untuk terus memperjuangkan kebijakan yang mendukung stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. * (putri)