Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Langkat Targetkan Jadi Kabupaten Terbaik Penerapan SPM

Pj Bupati Langkat, HM Faisal Hasrimy (paling kanan) menghadiri penyerahan penghargaan kepada kabupaten/kota dan provinsi terbaik dalam menerapkan SPM Awards di Hotel Bidakara Jakarta. foto: ist

SuaraTani.com - Jakarta| Pj Bupati Langkat, HM Faisal Hasrimy berharap Kabupaten Langkat  tahun depan bisa masuk dalam 10 besar kabupaten terbaik dalam penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Harapan itu disampaikannya saat menghadiri penyerahan penghargaan kepada kabupaten/kota dan provinsi terbaik dalam menerapkan SPM Awards yang digelar Kemendagri,  Rabu (24/4/2024) di Hotel Bidakara Jakarta. 

”Kita akan terus berbenah. Saya berharap dengan kolaborasi dan kerja sama yang baik, Kabupaten Langkat masuk kategori kabupaten terbaik penerapan SPM Awards tingkat Nasional 2025,” kata Hasrimy yang hadir didampingi Asisten Pemerintahan Drs Mulyono.

Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Restuardy Daud mengatakan, penghargaan SPM diberikan berdasarkan beberapa indikator.

Diantaranya indeks pencapaian, komitmen anggaran, pelaksanaan sesuai tahapan, pembentukan dan keaktifan. Penyusunan rencana aksi dan kualitas serta ketaatan terhadap pelaporan SPM. 

"Tujuan pemberian penghargaan ini untuk meningkatkan komitmen kepala daerah dalam menjalankan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar. Dan, mendorong penerapan SPM di daerah dilaksanakan secara optimal," kata Restuardy Daud. 

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo, menjelaskan indeks pencapaian SPM Nasional tahun 2024 mencapai 83,29%, provinsi sebesar 84,68% dan kabupaten 81,91%.

 ”Ini merupakan hasil yang menggembirakan. Capaian SPM terus meningkat dalam 5 tahun terakhir. Harapannya trend ini terus terjaga dengan target SPM di angka 100%,” harap Wamendagri.

Wamendagri berharap, pemberian penghargaan ini kedepannya jangan hanya 3, melainkan setiap kategori diberikan 10 penghargaan.

Sehingga menambah spirit bagi kabupaten/kota maupun provinsi di seluruh Indonesia dalam menerapkan SPM di daerahnya masing-masing. * (junita sianturi)