Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Menhub Minta Semua Unsur Pastikan Arus Balik Berjalan Lancar

Menhub Budi Karya Sumadi mengecek beberapa titik di Cirebon untuk memastikan kesiapan arus balik. Menhub juga membagikan bingkisan Lebaran kepada sejumlah penumpang dan para petugas yang berjaga di posko-posko tersebut. foto: ist

SuaraTani.com - Cirebon| Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengingatkan semua unsur agar mempersiapkan dan memastikan arus balik dapat pula berjalan lancar.

“Hari ini saya sengaja ke Cirebon dan beberapa titik lainnya untuk memastikan kesiapan arus balik Lebaran dapat berjalan lancar," kata Menhub, Selasa (9/4/2024)

Ia juga memberikan motivasi kepada para petugas yang berjaga di posko angkutan Lebaran agar senantiasa semangat dalam menjalankan tugas. 

"Sekalipun hari ini lalu lintas landai, justru kita pakai untuk memetakan keadaan yang biasanya itu padat,” ujarnya.

Beberapa lokasi yang didatangi Menhub antara lain: Stasiun Kereta Api Cirebon, Posko Angkutan Lebaran Cadangpinggan Polres Indramayu.

Posko Angkutan Lebaran Pilangsari, Posko Angkutan Lebaran Rest Area KM 166 Cipali, hingga Command Centre Korlantas Polri KM 188 Cipali.

Menhub melakukan video conference (vicon) dengan posko angkutan Lebaran seluruh Indonesia untuk pastikan kesiapan arus balik. 

Selain melakukan peninjauan, Menhub juga membagikan bingkisan Lebaran kepada sejumlah penumpang dan para petugas yang berjaga di posko-posko tersebut.

Dijelaskannya, jalur arteri di wilayah Cirebon sejauh ini tidak begitu padat. Namun demikian, tetap harus dipastikan bahwa jalur tersebut tetap dapat dilalui dengan lancar, khususnya untuk arus balik nanti.

Terkait rekayasa lalu lintas, seperti contraflow, oneway, dan ganjil genap, Menhub mengatakan bahwa langkah tersebut masih dibutuhkan untuk mengurai kepadatan kendaraan saat arus balik. 

“Yang pasti, apa yang kita lakukan berusaha untuk memberikan keselamatan bagi masyarakat yang mudik dan balik,” ungkap Menhub.

Dikatakannya, bahwa KM 188 Cipali merupakan titik tengah antara Jakarta dan Semarang, di mana biasanya di lokasi ini pemudik mengalami kelelahan. 

“Jadi, saya minta kepada petugas di sini, jika melihat pemudik yang kelelahan agar segera diarahkan masuk ke rest area,” tambahnya.

Menhub mengimbau masyarakat agar mempersiapkan perjalanannya sebaik mungkin. 

“Bagi yang pakai mobil, pastikan kondisinya sehat. Bagi yang menggunakan kendaraan umum, pastikan armadanya sudah di ramp check. Intinya, masyarakat harus memilih kendaraan yang berkeselamatan,” terangnya.

Menhub mengapresiasi seluruh stakeholder, baik itu TNI/Polri, Pemda, serta operator jalan tol yang telah mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024. 

Ia pun berharap agar seluruh pihak dapat terus berkoordinasi dan berkolaborasi dalam menyukseskan arus balik nanti.

Dalam kesempatan tersebut, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengimbau agar masyarakat menghindari arus balik pada tanggal 13 dan 14 April 2024. 

“Kita sudah pengalaman dari arus mudik, kita harapkan di arus balik jangan sampai terjadi penumpukan lagi,” pungkasnya. * (wulandari)