Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Menlu Retno Laporkan Perkembangan Situasi Konflik Iran-Israel ke Wapres


Menlu Retno LP Marsudi menemui Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Jakarta| Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi menemui Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2024).

Menurut Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi, Menlu menemui Wapres untuk melaporkan situasi terkini terkait konflik Iran-Israel. Dan, peran Indonesia dalam upaya meredam konflik tersebut.

“Jadi Bu Menlu melaporkan progres apa yang dikerjakan terkait dengan kegiatan melakukan lobi pemerintah Indonesia terhadap berbagai negara. Bagaimana termasuk pada Iran yang menjadi fokus agar tidak terjadi perang, agar tidak terjadi pembalasan dari pihak Israel,” ungkap Masduki dalam keterangan persnya.

Dalam pertemuan itu, Menlu juga melaporkan pada Wapres mengenai konsistensi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina. 

Menlu menampik secara tegas adanya pemberitaan bahwa Indonesia akan melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.

“Jadi tidak benar sebagaimana yang diberitakan yang menyatakan bahwa sudah ada kemungkinan pembukaan hubungan diplomatik antara Israel dengan Indonesia,” tegas Masduki.

“Jadi Bu Menlu melaporkan kepada Bapak Wapres bahwa Indonesia tetap konsisten berada di jalur itu. Dan, akan terus konsisten dalam pemerintahan ini,” imbuhnya.

Dalam pertemuan itu, Wapres pun mendukung sepenuhnya langkah Indonesia tersebut. Termasuk dalam upaya meredakan konflik Israel-Palestina melalui kesepakatan Two State Solution.

“Itu didukung sepenuhnya oleh Bapak Wapres untuk terus konsisten (menerapkan) Two State Solution adalah final, tidak akan berubah. Itu saya kira yang menjadi prinsip, yang menjadi perintah juga dari Wapres untuk terus diperjuangkan,” pungkasnya. * (putri)