Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pasca Kebakaran, Bupati Instruksikan Jajaran Gerak Cepat Tangani Pasar Tarutung

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Taput, Marihot Simanjuntak rapat bersama perangkat daerah, Senin (8/4/2024) sore di ruang rapat Dinas Koperindag dan UMKM, Tarutung. foto: darwin nainggolan

SuaraTani.com - Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan menginstruksikan seluruh perangkat daerah terkait untuk bergerak cepat menangani pasar Tarutung pasca kebakaran. Juga membantu para korban musibah kebakaran.

"Seluruh OPD terkait diminta segera mengambil langkah teknis. Sambil kita membenahi lokasi kebakaran. Kita juga harus segera membenahi parkiran bekas pasar buah untuk dijadikan relokasi sementara para pedagang. Sehingga roda perekonomian masyarakat tetap berputar," ucap Asisten Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak.

Hal itu disampaikan Marihot pada rapat bersama perangkat daerah, Senin (8/4/2024) sore di ruang rapat Dinas Koperindag dan UMKM, Tarutung.

Rapat tersebut dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Bahal Simanjuntak, Asisten Administrasi dan Umum Binhot Aritonang, Camat Tarutung Reinhard Lumban Tobing, dan Kepala Desa Simamora.

Dikatakan Marihot, saat ini dua unit damkar masih beroperasi untuk melakukan pendinginan pada lokasi kebakaran. Kemudian, dua unit alat berat Dinas PU sedang melakukan pembenahan di lokasi parkiran bekas pajak buah. Untuk dijadikan relokasi sementara para pedagang dan telah mendirikan posko penanganan.

Kepala Dinas Koperindag dan UMKM, Gibson Siregar mengatakan, total bangunan rusak sebanyak 821 unit. Dengan rincian kios sebanyak 121 unit, balairong 244 unit dan undung-undung sebanyak 456 unit. 

"Data tersebut merupakan jumlah bangunan terbakar dan juga akibat dirusak untuk kebutuhan evakuasi," jelas Gibson. 

Asisten Binhot Aritonang berpesan agar pendataan kerugian terkait asset pemerintah juga dilakukan dengan baik. 

Diakhir rapat, Marihot kembali menekankan perlu secepatnya dilakukan relokasi pedagang namun harus diatur dengan jelas dan tegas sehingga tidak menjadi dilema dikemudian hari. 

"Perlu penataan pedagang dengan baik dan dilakukan komunikasi serta sosialisasi kepada para pedagang. Perangkat Daerah terkait segera mempersiapkan usulan terkait pembangunan permanen pasar Tarutung," ucap Marihot menutup pertemuan tersebut.* (darwin nainggolan)