Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemerintah Daerah Diminta Tutup BUMD yang Tak Beraktivitas Lagi, Pemborosan Negara

Anggota Komisi XI DPR RI Marinus Gea saat pertemuan dengan BPKP, BPK RI dan perwakilan Kemenkeu di Surabaya, Jawa Timur, Senin (29/4/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Surabaya| Anggota Komisi XI DPR RI Marinus Gea mengimbau pemerintah daerah untuk menutup Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang sudah tak beroperasi lagi. 

Hal ini dikatakan Marinus setelah Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di Jawa Timur (Jatim) melakukan pemeriksaan di daerah tersebut.

Dari 120 lebih BUMD di Jatim, tak lebih dari 5 perusahaan yang masih berjalan. Sedangkan sisanya seperti hidup segan, mati tak mau. 

"Yang seperti ini tak boleh dibiarkan begitu saja. Bayangkan mereka (BUMD) itu dibiayai negara tiap tahunnya," ujar Marinus saat pertemuan dengan BPKP, BPK RI dan perwakilan Kemenkeu di Surabaya, Senin (29/4/2024). 

Menurut Politisi PDI-Perjuangan ini, ada potensi pemborosan uang negara hingga ratusan miliar dari alokasi dana bagi BUMD. Setiap entitasnya paling tidak bisa memperoleh dana setidaknya Rp5 miliar. 

"Ini kan pemborosan. Katakanlah di Jatim ini ada 100 BUMD yang tidak operasional lagi, berapa banyak dana yang terpakai sia-sia seperti itu?" ungkap Marinus.

Padahal, ia berujar, dana yang tak efektif itu dapat disalurkan ke sektor yang lebih tepat. 

"Dana itu bisa difokuskan untuk pembangunan infrastruktur juga ekonomi kita, supaya berdampak bagi masyarakat luas," katanya.

Sebenarnya kata Marinus, 'penyakit' BUMD seperti ini juga menjangkit di banyak provinsi. Misalnya, akibat pergantian pemimpin daerah yang tak sevisi dengan pemimpin sebelumnya.

Hal ini menyebabkan BUMD yang sudah eksis di periode sebelumnya tak berlanjut lagi karena perbedaan visi penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Nah, ini yang harus tegas ditegakkan. Kalau ada temuan dari hasil pemeriksaan seperti ini, pemerintah terkait harus tegas. Kalau tidak layak, langsung tutup saja BUMD nya. Tinggal perintah saja," pungkas Marinus. * (jasmin)