Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemerintah Harus Permudah Kiriman Barang PMI di Indonesia, Jangan Diacak-acak

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mengingatkan agar pengiriman barang PMI untuk keluarga di Indonesia dipermudah. foto: ist

SuaraTani.com - Jakarta| Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mengingatkan agar pengiriman barang Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk keluarga di Indonesia dipermudah. Terlebih pada momen Idulfitri di tahun ini.

Ia menyebut, saat melakukan serap aspirasi kepada PMI di Hongkong pada 2022 silam, banyak yang mengeluhkan jika kiriman barang dari PMI tidak sampai. 

Bahkan diacak-acak dan dimintai oknum di Indonesia sejumlah uang agar barangnya bisa sampai ke keluarga.

Keluhan itu kata dia, secara resmi sudah mereka sampaikan ke BP2MI dan kementerian serta lembaga lainnya yang berkaitan. Dengan masuknya barang PMI dari luar negeri ini harus memiliki spirit yang sama bahwa PMI itu pahlawan devisa. 

"Bukan orang yang bisa diperas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," ungkap Kurniasih di Jakarta, Selasa (9/4/2024).

Dikatakannya, PMI mengirim barang itu karena tidak bisa mudik lebaran dengan berbagai faktor di negara penempatan. 

"Harapannya bisa mengirim barang agar keluarga yang di rumah bisa menikmati momen lebaran dengan bingkisan dari teman-teman PMI di luar negeri," ungkapnya.

Menurut Kurniasih, regulasi yang ada harus benar-benar memiliki ruh untuk memberikan kemudahan termasuk relaksasi dari sisi kepabean. Sehingga barang-barang para pahlawan devisa itu bisa mudah dikirim dan sampai ke keluarga masing-masing.

"Kami harap jangan lagi ada kesalahpahaman regulasi dari masing-masing Kementerian/Lembaga. Padahal mereka yang sama-sama membuat regulasi tapi terjadi kesimpangsiuran di lapangan. Artinya ada persoalan di implementasi. Intinya tolong permudah masuknya barang-barang teman-teman PMI," tegasnya. * (putri)