Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemkab Langkat dan PLN Kerja Sama Manfaatkan Limbah FABA

Pj Bupati Langkat HM.Faisal Hasrimy dengan Senior Manager PLTU Pangkalan Susu Usvizal Zainuddin, menjalin kerja sama pemanfaatan limbah batubara di Kantor Bupati Langkat di Stabat, Senin (29/4/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Stabat| Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat dan PT PLN Indonesia Power Unit Pembangkitan Pangkalan Susu menjalin kerja sama pemanfaatan limbah batubara Fly Ash and Bottom Ash (FABA). 

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Pj Bupati Langkat HM.Faisal Hasrimy dengan Senior Manager PLTU Pangkalan Susu Usvizal Zainuddin, di Kantor Bupati Langkat di Stabat, Senin (29/4/2024).

Faisal Hasrimy berharap penandatanganan MoU pemanfaatan limbah batu bara FABA akan memberikan manfaat yang benar-benar bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. 

Pemkab Langkat kata Pj Bupati, berencana membangun beberapa ruang terbuka hijau di kecamatan. Dia berharap adanya bantuan CSR dari PT PLN Indonesia Power Unit Pembangkitan Pangkalan Susu dapat membangun ruang terbuka hijau di area Alun-alun T Amir Hamzah Stabat. 

"Ini adalah bentuk kerja sama yang baik semoga bisa berkelanjutan," ucapnya.

Senior Manager PLTU Pangkalan Susu, Usvizal Zainuddin mengatakan bahwa limbah batu bara FABA dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Tetapi, setelah limbah dikategorikan sebagai limbah yang tidak mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3).

"Dengan kolaborasi bersama masyarakat, PLN membuka kesempatan kepada semua kalangan yang ingin memanfaatkan FABA menjadi produk bernilai guna tinggi. Baik sebagai campuran dalam industri konstruksi maupun infrastruktur," katanya.

Adapun bantuan tahap awal dari PT PLN Indonesia Power Unit Pembangkitan Pangkalan Susu yaitu sebanyak 10.000 ribu faving blok dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Langkat. 

“PLN terbuka kepada masyarakat yang ingin ikut serta memanfaatkan FABA ini. FABA sendiri bukanlah limbah B3 sehingga dapat diolah dan memberikan banyak manfaat,” ucap Usvizal. 

Dalam pertemuan itu, Usvizal didampingi oleh Manager Engineering Andi Setiawan, Manajer Administrasi Hendri Aman Purba. * (junita sianturi)