Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hanya 31 dari 59 Nakes Puskesmas Silangit yang Divaksin Covid-19

Kepala UPT Puskesmas Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput),  dr Lamtiur Sihombing menerima suntikan vaksinasi covid-19 yang dilaksanakan di aula Puskesmas Silangit, Senin (8/2/2021). suaratani.com - ist

SuaraTani.com – Taput| Kepala UPT Puskesmas Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput),  dr Lamtiur Sihombing menerima suntikan vaksinasi covid-19 yang dilaksanakan di aula Puskesmas Silangit, Senin (8/2/2021).

Pelaksaanaan vaksinasi  yang dimulai sekira pukul 10.00 wib tersebut tetap mengacu pada juknis Kementerian Kesehatan dan tetap mematuhi protokel kesehatan (prokes).

Lamtiur mengatakan, dirinya  memotivasi para tenaga kesehatan (nakes) untuk tidak merasa takut divaksin karena vaksin sinovac ini aman, suci dan halal.

"Saudara/saudariku jangan takut untuk menerima vaksin ini, karena vaksin sinovac ini aman,suci dan halal," jelasnya usai menerima suntikan vaksin.

Lamtiur juga mengatakan, vaksin ini merupakan salah satu cara untuk memutus mata rantai penularan covid -19. Karena itu, ia berharap masyarakat Silangit tetap bersabar, sebab  semua pasti akan mendapat vaksinasi sinovac ini.

“Tetaplah disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan cara mencuci tangan, menjaga jarak dan tetaplah memakai masker,” jelasnya. 

Kegiatan vaksinasi covid-19 tersebut dihadiri oleh unsur pimpinan kecamatan dan beberapa kepala desa. Jumlah Nakes di Puskesmas  Silangit dan jajarannya yang terdata  sebayak 59 orang, dan yang hadir sebanyak 56 orang.

Sementara yang mendapatkan suntikan vaksinasi covid-19 sebanyak 31 orang dan 6 orang ditunda  disebabkan menderita penyakit ispa, gastritis, hipertensi dan asma. 

Sedangkan  19 orang nakes tidak diperbolehkan mendapatkan vaksin disebabkan beberapa faktor seperti, penyakit diabetes militus, penyakit jantung, penyakit tiroid, autonium, ibu menyusuì serta ibu hamil dan rìwayat kontak penderita covid-19.

“Yang bertugas dalam pelaksanaan vaksinasi sebanyak 12 orang, dan  penyuntik vaksin  adalah, Asni Manalu, Rusmina Aritonang, Tio Simaremare dan Aci Sianipar,” jelas Lamtiur.* (darwin nainggolan)