Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kader PKK Taput Diharapkan Kembangkan Potensi Desa

Ketua TP PKK Taput, Satika Simamora  memberikan arahan pada peserta dalam acara suverpisi Desa Percontohan di Kecamatan Sipahutar, Jumat (26/3/2021). suaratani.com - ist

SuaraTani.com – Taput| Ketua TP PKK Tapanuli Utara (Taput), Satika Simamora melakukan Supervisi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga  (PKK) Desa Percontohan di Desa Tapian Nauli I dan Desa Aek Nauli I,  di Aula Gereja HKBP Lumban Lobu, Desa Tapian Nauli I Kecamatan Sipahutar, Taput, Provinsi Sumatera Utara (Sumut),   Jumat, (26/3/2021).

Dalam arahannya, Satika mengatakan, pembinaan PKK Desa ini merupakan langkah perubahan demi kebaikan masyarakat termasuk sebagai upaya membina dan memberdayakan keluarga untuk mewujudkan keluarga sejahtera. 

“Mari bekerjasama dengan seluruh tingkatan PKK untuk melaksanakan 10 Program Pokok PKK. Mari lebih sungguh-sungguh berkarya di tengah masyarakat, kegiatan ini sebagai motivasi bagi kita semua,” kata Satika yang didampingi Kepala Dinas PMD Donni Simamora, pengurus TP PKK Taput serta Camat Sipahutar Ronald Silitonga. 

Satika mengatakan,  PKK Desa ini harus mampu jadi contoh bagi desa lainnya. Para kader PKK Desa harus mampu berperan dalam mengembangkan potensi desa, termasuk kekayaan alam yang dimiliki. Selain itu, juga perlu dilakukan pelatihan-pelatihan untuk menambah keterampilan masyarakat.

Sambil berdiskusi dengan para kader, Ketua TP PKK Taput juga menjelaskan tugas-tugas setiap Pokja PKK Desa dan mengharapkan agar dapat diterapkan di tengah keluarga dan masyarakat.

"Menyukseskan Program PKK ini harus didukung penuh seluruh elemen yang ada di desa. Jadikan PKK sebagai mitra pembangunan. Kader PKK juga harus menjadi contoh, kebaikan itu harus diawali dari diri sendiri selanjutnya kita dapat mengajak masyarakat di sekitar kita. Ini semua dapat dilaksanakan dengan hasil yang maksimal apabila kita lakukan dengan kasih,” jelas Satika

Dalam laporannya, Kadis PMD Taput, Donni Simamora mengatakan, setelah kegiatan supervisi pada 15 kecamatan  akan dilakukan monitoring kemudian pada akhir tahun akan dilaksanakan evaluasi dan penilaian terhadap PKK Desa Percontohan. 

Donni  juga menjelaskan, beberapa program Pemerintah dan berharap masyarakat menyatukan pemikiran untuk mendukung program Pemerintah terutama Visi dan Misi. 

"Kita berharap kegiatan seperti ini  mampu mewujudkan keluarga sejahtera serta semua saling mendukung program Pemerintah termasuk pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Taput memberikan bingkisan minuman dan masker kepada lansia dan kader PKK serta bingkisan kepada lima orang ibu hamil.

Dalam supervisi ini, para pengurus TP PKK Kabupaten juga melakukan pembinaan administrasi, pembinaan kelompok bagi empat kelompok kerja dari dua PKK Desa tersebut.

Selain diikuti kader PKK Desa Percontohan, juga dihadiri UPT Puskesmas Sipahutar, para Kepala Desa, BPD, LPM serta tokoh masyarakat/tokoh agama dari kedua Desa Percontohan. * (darwin nainggolan)