Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Polres Taput Siapkan 137 Personel di 5 Pos Penyekatan Mudik IdulFitri 2021

IPTU Hitler Hutagalung,bertindak sebagai komandan Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2021 di Lapangan Tangsi Tarutung, Rabu (5/5/2021). suaratani.com-darwin nainggolan


Suara Tani.Com -Taput| Dalam rangka pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2021 yang  akan berlangsung 6-17 Mei 2021, Polres Tapanuli Utara (Taput) melaksanakan apel gelar pasukan di Lapangan Tangsi Tarutung, Rabu (5/5/2021) .

Apel gelar pasukan ini dilakukan  untuk mengecek kesiapan personel serta sarana dan prasarana pendukung lainnya, sehingga  saat bertugas di pos masing-masing  tidak ada lagi tantangan dan hambatan.

Kapolres Taput AKBP Muhammad Saleh SIK. MM melalui Kasubbag Humas Aiptu W. Baringbing menjelaskan,  apel digelar sebelum penempatan personel di lapangan.

"Mulai besok (6/5/2021), Personel sudah ditempatkan di pos masing-masing. Dalam operasi ini, kita libatkan 137 personel  yang akan menempati 5 pos penyekatan,” ujar Baringbing.

Disebutkannya, 5 pos penyekatan itu  terletak di Kecamatan Adian koting, Kecamatan  Pahae Jae, Kecamatan Siborong borong yang berlokasi di Silangit , Kecamatan Siborongborong yang  berlokasi di Sitampurung dan di Kecamatan Pangaribuan.

"Nantinya pos penyekatan ini akan  mengawasi pemudik dalam rangka liburan nasional untuk memperingati Hari Raya Idulfitri 2021. Karena sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah pelarangan untuk mudik, maka kita buatlah  pos penyekatan ini,” sebutnya. 

Baringbing menerangkan, dalam melakukan pengawasan, personel akan memeriksa mobil maupun sepeda motor yang melintas dari wilayah Taput. Apabila di lapangan ada yang mudik, maka akan disuruh kembali dan tidak boleh lewat.

“Kecuali bepergian dengan hal-hal khusus dan urgen, seperti ada keluarga yang kemalangan, sakit dan pegawai yang melaksanakan tugas yang didukung dengan surat-surat, itu boleh kita berikan lewat,” terangnya.

Selain 5 pos penyekatan, Polres Taput menurut Barimbing  juga mendirikan 5 pos pengamanan lainnya, dimana 2 pos  terletak di Pasar Siborongborong dan SPBU Sipoholon. Pos pengamanan ini bertujuan untuk mengamankan kenderaan yang melintas dari wilayah Taput, juga aktivitas penduduk lokal. Sementara 3 pos lainnya ditempatkan pada objek wisata yang terletak di Salib Kasih,Hutaginjang dan air soda.

“Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung lokal yang sedang berlibur,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Barimbing kembali mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti prokes dengan menjalankan pola 5 M ( Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas).

Ditemui di tempat yang sama,  Bupati Taput Nikson Nababan mengatakan telah menginstruksikan kepada seluruh ASN, honorer dan para kepala desa untuk tidak boleh meninggalkan Taput selama operasi berlangsung. Sanksi akan diberikan bagi yang melanggar.  Untuk itu, portal di setiap desa dan kelurahan akan diberlakukan kembali.

“Sama halnya dengan jasa angkutan umum, juga akan dilakukan razia oleh  TNI Polri sesuai instruksi Presiden, Kapolri, Panglima dan Mentri Perhubungan maupun Mendagri. Semua harus melakukan penyekatan dan semua daerah menyetujuinya. Terkhusus bus-bus besar dari luar daerah,” ujar Nikson Nababan. *(darwin nainggolan)