Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Edy Rahmayadi Bakal Bantu Desa yang Serius Kembangkan Potensi Daerahnya

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terus mendorong terwujudnya selogan membangun desa menata kota. suaratani.com - ist

SuaraTani.com – Paluta| Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terus mendorong terwujudnya selogan membangun desa menata kota. Dihadapan seluruh Kepala Desa dan Camat se-Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), Edy Rahmayadi memastikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan bantu desa yang serius kembangkan potensi daerahnya.

Ada sekitar 386 desa dari 12 kecamatan di Kabupaten Paluta. Gubernur Edy Rahmayadi yang datang bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Kelurga (TP PKK) Sumut Nawal Lubis meminta para kepala desa mampu menemukan dan mengembangakan daerahnya. Karena desa merupakan salah satu poin penting   dalam membangun Sumut.

"Ayo Pak Kepala Desa, temukan potensi daerah kalian, kalian yang paling tahu daerah kalian. Kalau ada dan jelas, datang saya ke sana (desa), kita kembangkan," kata Edy Rahmayadi di Aula Kantor Bupati Paluta Jalan Lintas Gunungtua-Padangsidimpuan Km 3, Rabu (16/6/2021).

Edy Rahmayadi menyontohkan, Desa Paloh Naga di Kabupaten Deliserdang, yang berhasil mengembangkan agrowisata. Desa ini memanfaatkan hamparan sawah yang luas untuk dijadikan tempat makan dan bersantai. Desa ini berhasil menarik perhatian Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno. 

Di Paluta, Edy menyebutkan Candi Bahal memiliki potensi besar untuk jadi objek wisata populer. 

"Di Paloh Naga, dibuat masyarakat sawah itu jadi cantik, bisa sepedaan, bisa makan, nyaman sekali di situ, sampai-sampai Pak Sandiaga datang ke situ. Di sini ada Candi Bahal, kemas dengan baik itu, bakal banyak yang akan mengunjungi. Desa lain kalaupun bukan wisata, pasti ada potensinya yang menonjol, saya yakin Pak Kepala Desa bisa," kata Edy Rahmayadi disambut tepuk tangan ratusan kepala-kepala desa dan Camat yang hadir.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap mengatakan akan membantu dan mendorong desa-desa mengembangkan potensinya. 

"Kita akan dorong ini untuk membangun ekonomi rakyat, kita tingkatkan akses ke desa-desa agar mempermudah pengembangannya," kata Andar. 

Selain jalan, irigasi juga menjadi keluhan beberapa kepala desa di Paluta, seperti keterangan Kepala Desa Pintu Padang Andus Harahap. 

Menurutnya masih banyak desa yang perlu irigasi baik agar padi masyarakat tidak rusak.

"Ada beberapa desa yang irigasinya perlu ditingkatkan, kasihan masyarakat kita pas jarang hujan gini padi mereka bisa rusak karena kurang air. Kami harap ini cepat diselesaikan," kata Andus.

Hadir mendampingi Gubernur Sumut, Kepala Dinas Perkebunan Lies Handayani Siregar, Plt Kepala Dinas Kesehatan Aris Yudharinsyah dan Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Achmad Fadly. Juga hadir Ketua TP PKK Paluta Ade Aan Rostiana beserta OPD Kabupaten Paluta.  *(wulandari)