Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BNN Gerebek Kampus USU, 14 Mahasiswa USU Terjaring Menggunakan Ganja

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut Brigjend Toga Panjaitan saat memimpin paparan penggerebekan Kampus Universitas Sumatera Utara (USU), di Kantor BNNP Sumit, Senin (11/10/2021).suaratani.com-rahyu


SuaraTani.com- Medan| Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara (Sumut) menyita 508,6 gram ganja dalam penggerebekan di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) Sabtu (9/10/2021) malam hingga Minggu (10/10/2021) dinihari. 

"Hasil penggeledahan terhadap tempat dan pakaian ditemukan narkotika jenis daun ganja seberat 508, 6 gram," kata Kepala BNNP Sumut Brigjend Toga Habinsaran Panjaitan saat paparan di kantor BNNP Sumut di Jalan Balai POM, Medan Estate, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Senin (11/10/2021). 

Dijelaskan Toga, saat penggerebekan, barang haram tersebut sudah dibungkus dalam paket kecil dan besar. Untuk paket kecil, diamankan 118 paket dengan berat 1,8 gram per paketnya. 

Setelah dilakukan pengembangan, sebanyak 265 gram ganja tersebut diketahui merupakan milik tersangka JHS yang diamankan di lokasi. Sedangkan, ganja seberat 243,6 gram lainnya belum diketahui pasti pemiliknya. 

"JHS ini juga diketahui merupakan alumni FIB USU," sebut Toga. 

Dari keterangan tersangka JHS, disebutkan ganja tersebut diperoleh dari tersangka D. Petugas yang mendapat laporan ini, kemudian melakukan pengejaran terhadap D. 

Kemudian, pada Minggu (10/10/2021), petugas akhirnya berhasil mengamankan tersangka D bersama satu tersangka lainnya yaitu FAY di Jalan Cemara Ujung Kelurahan Jati Kecamatan Medan Kota. 

"Pada saat penangkapan, tersangka D sedang bersama tersangka FAY," sebut Toga. 

Lebih lanjut dijelaskannya, saat penggerebekan BNNP Sumut mengamankan 47 orang di lokasi kejadian. Dari jumlah tersebut, 31 orang dinyatakan positif termasuk tersangka JHS. 

"Sedangkan 16 orang yang negatif tidak kami bawa ke kantor," ujarnya. 

Dari ke 31 orang yang diamankan, kata Toga, 20 orang diantaranya merupakan mahasiswa USU yang terdiri dari 14 orang mahasiswa aktif dan 6 orang alumni. Sedangkan, 11 orang lainnya adalah masyarakat luar. (*Rahyu)