Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gubernur Edy Lantik Rizky Sitepu Jadi Wakil Wali Kota Binjai

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi  melantik Rizky Yunanda Sitepu menjadi Wakil Wali Kota Binjai di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rabu (6/10/2021). Suaratani.com-rahyu 


SuaraTani.com- Medan| Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Rizky  Yunanda Sitepu menjadi Wakil Wali Kota Binjai di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Rabu (6/10/2021). 

Edy Rahmayadi dalam sambutannya meminta agar wali kota dan wakil wali kota saling bekerja sama untuk membantunya mewujudkan Sumut Bermartabat. 

"Organisasi itu dibuat untuk menyelesaikan masalah, ada wali kota ada wakilnya, bukan untuk menambah persolan," kata Edy. 

Mantan Pangkostrad itu juga mengingatkan agar keduanya mengetahui tugas pokok dan fungsi masing-masing sebagai wali kota dan wakil wali kota. 

"Wakil ini harus tahu. Wakil kalau saya ibaratkan dia itu leher, sedangkan kepala adalah miliknya orang nomor 1. Wakil tahu diri sebagai wakil, kalau dia pintar tapi gak merasa sok pintar. Tapi kalau nomor satu ini juga begitu, kalau tanpa anda dikawal nomor dua ini nanti anda ditusuk oleh orang dari belakang," jelas Edy. 

Wali Kota Binjai Amir Hamzah berharap dengan pelantikan Rizky Sitepu ini bisa memaksimalkan berjalannya pemerintahan di Kota Binjai. 

"Saya sudah 8 bulan menjabat wali kota, hari ini wakil sudah dilantik, ini menambah semangat saya bekerja, membantu saya membangun kota yang kami cintai," ujarnya usai menyaksikan pelantikan. 

Ia menyebut, selama ini ia hanya bekerja sama dengan Forkompinda di Kota Binjai karena posisi Wakil Wali Kota Binjai kosong. 

"Selama ini saya bekerja dengan Forkompinda untuk tangani masalah Covid-19, Alhamdulillah hari ini wakil wali kota sudah dilantik, semoga semakin bersinergi," sebutnya. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Binjai Rizky Yunanda Sitepu mengaku, kedepan akan memaksimalkan pemerintahan di Binjai. Terlebih menurutnya, posisi wakil wali kota sudah lama kosong. 

"Saya harus imbangi karena Pak Wali sudah lama dilantik, tancap gas supaya paham dan bisa membantu Pak Wali untuk pembangunan Binjai," kata Rizky. 

Ia juga mengatakan, dalam proses jalannya pemerintahan, ia belajar dari ayahnya, Ngogesa Sitepu yang merupakan mantan Bupati Langkat dua periode. 

"Saya punya mentor yang paham dengan pemerintah, saya bangga punya orang tua  mantan bupati, beliau sering nasehati saya tentang apa yang tidak disukai kepala daerah ke wakilnya. Beliau membimbing saya agar jangan mendahului kepala, itu arahan orang tua saya," pungkasnya. 

Rizky Yunanda Sitepu terpilih menjadi Wakil Wali Kota Binjai dalam proses di DPRD Binjai. Ia yang merupakan anak mantan Bupati Langkat dua periode itu, unggul mengalahkan kompetitornya, Hamdani Syahputra dalam proses pemilihan tersebut. 

Rizky meraih 26 suara anggota legislatif Binjai, sedangkan Hamdani meraih dua suara, dan satu suara dinyatakan tidak sah. Pemilihan tersebut dilakukan karena Wali Kota Binjai terpilih, Juliadi meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

Posisi Juliadi lantas diambilalih oleh wakilnya, Amir Hamzah yang sudah terlebih dahulu dilantik menjadi Wali Kota Binjai definitif. *(rahyu)