Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kadis Kesehatan Taput "Upa-Upa" Bidan Ikayati yang Diintimidasi

Kadis Kesehatan Taput, Alexander Gultom didampingi Kepala UPT Puskesmas Parmonangan, dr Donda Purba mengupa-upa Ikayati di kediamannya, Jumat (26/11/2021). suaratani.com - darwin nainggolan

SuaraTani.com-Taput| Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Alexander Gultom memberikan ‘upa-upa’ (makanan dalam adat Batak-red) kepada Ikayati Marpaung yang mendapat intimidasi dari seorang calon kepala desa (Cakades) BM, Rabu (24/11/2021) lalu.

“Mendapat laporan intimidasi yang dialami Ikayati Marpaung kami langsung menjumpainya  di  kediamannya sementara (persembunyiannya) dan memberikannya upa-upa,” kata Alexander yang didampingi Kepala UPT Puskesmas Parmonangan dr Donda Purba dan staf, Jumat, (26/11/2021), usai memberi upa-upa kepada Ikayati Marpaung

Dikatakannya,  upa upa yang dilakukan ini  merupakan  tradisi orang Batak (leluhur) untuk menguatkan anaknya atas musibah yang dialaminya.

"Secara institusi, Ikayati ini bawahan saya, berarti dia anak saya. Sepatutnya saya memberinya upa-upa  agar traumatis yang dialaminya akibat intimidasi itu tidak terjadi lagi padanya dikemudian hari,” jelas Alexander.

Alexander juga berharap, kejadian seperti itu tidak terjadi lagi pada Ikayati dan Bidan Desa lainya di  Kabupaten Tapanuli Utara ini secara umum di seluruh Indonesia. 

Terkait laporan Ikayati dan keluarga, ke Polres Taput,  Alexander mengaku prihatin atas kejadian yang dialami bidan yang bertugas di Desa Manalu Dolok.

“Mudah-mudahan kejadian ini tidak akan terjadi lagi.  Untuk proses hukumnya tetap berjalan dan kita serahkan kepada pihak yang berwajib," tegasnya. * (darwin nainggolan)