Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Polres Taput Siapkan 344 Personil Amankan Pilkades Serentak

Kapolres Taput, AKBP Ronald FC Sipayung dan Bupati Taput Nikson Nabaan berfoto bersama dengan Forkopimda dan para Kapolsek serta Danramil usai pelaksanaan TFG, Kamis (18/11/2021). suaratani.com - darwin nainggolan


SuaraTani.com – Taput| Dalam rangka pengamanan pemilihan kepala desa di 200 desa se Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Polres Taput melaksanakan  Tactical Floor Game (TFG),  di Mako Polres Taput, Kamis (18/11/2021).

TFG tersebut dihadiri Bupati Taput, Nikson Nababan, Dandim 0210/TU yang diwakili Pasi Intel, Kapten CTP S Situmorang, Asisten I Parsoran Hutagalung, Kadis PMD Donny Simamora, Kadis Kesehatan Alexander Gultom, sejumlah OPD, Kapolsek se Taput, Danramil se Taput, PJU Polres Taput, serta Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa.

Kapolres Taput, AKBP Ronald FC  Sipayung dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan 344 personil untuk pengamanan Pilkades, yang yang akan dilaksanakan pada 23 November 2021. 

“344 personil ini, merupakan anggota kita sendiri ditambah  BKO dari Brimob Polda 30 personil dan personil Polda 30 personil,” jelasnya.

Uraian tugas dari 344 personil ini, kata dia, yang terlibat langsung PAM TPS sebanyak 204 personil sedangkan sisanya sebagai Pamatwil, Satgas PAM Pilkades , Dalmas dan standby. 

“Pola pengaman sudah kita atur dengan tiga pola yaitu kurang rawan, rawan dan sangat rawan. Dari tiga pola ini status kurang rawan ada 126 desa, rawan 59 desa dan sangat rawan 15 desa,” jelas Ronald. 

Dijelaskannya, desa yang kurang rawan ditempatkan satu personil per desa,  untuk yang rawan satu personil per TPS (tempat pemungutan suara) dan sangat rawan ada dua personil di satu TPS. 

“Pembagian rawan, kurang rawan dan sangat rawan ini juga ada klassifikasi nya. Artinya, penerapan ketiga pola ini ada dari suhu politik di desa dan ada juga dari letak grografis,” terangnya. 

TFG yang dilaksanakan hari ini, menurut Ronald, merupakan season penting. Karena ini suatu simulasi pergerakan anggota  apabila nantinya ada gangguan dan hambatan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa.

“Selain pengamanan Pilkades, anggota kita yang bertugas di lapangan juga tetap berperan aktif untuk pengawasan  prokes saat pemilihan. Memberikan himbaun penggunaan masker jaga jarak dan cuci tangan,” jelasnya. 

Pada kesempatan ini, Ronald juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Taput khususnya yang melaksanakan Pilkades, agar menjaga kenyamanan berlangsungnya pilkades ini dengan tertib dan lancar. Selain itu tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Bupati Taput, Nikson Nababan saat dikonfirmasi wartawan usai acara TFG mengatakan, masyarakat desa itu masih homongen, masih keluarga.

“Harapan kita, para calon maupun masyarakat desa mengedepankan Dalihan Natolu, jangan sampai akibat pemilihan kepala desa itu menimbulkan konflik, pengkotak-kotakan (disharmoni). Kita mengharapkan siapa pun yang terpilih bahwa itulah yang pilihan terbaik. Yang kalah harus mengakui, yang menang harus merangkul yang kalah. Begitu juga dengan masyarakat kita harapkan langsung bisa berbaur," ujar Bupati.

Nikson juga berharap kepada Kapolres Taput dan Dandim 2010/TU dari sisi keamanan agar all out untuk menjaga jangan sampai nanti terjadi hal-hal yang melanggar aturan di lapangan.

“Kita berharap juga seluruh masyarakat tertib, teratur dan mari kita jaga nama baik Tapanuli Utara yang selalu mengedepankan Dalihan Natolu," tutup Bupati.* (darwin nainggolan)