Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Berpartisipasi di Pasar Tani Kota Medan, Karantina Pertanian Belawan Gelar Stand Bawang Putih

Dirjen PSP Ali Jamil mengunjungi stan daging beku impor di Pasar Mitra Tani yang digelar di Lapangan Mitra Sejati Medan, Sabtu (30/4/2022).suaratani.com-junita sianturi

SuaraTani.com – Medan| Kementerian Pertanian bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut)  dan Pemerintah Kota (Pemko)  Medan menggelar  Pasar Mitra Tani di Lapangan Sejati Pratama Medan, Sabtu (30/4/2022). 

Pasar yang menyediakan 12 bahan pangan pokok yang berkualitas dan harga terjangkau ini digelar guna mengantisipasi lonjakan harga  yang biasa terjadi di hari-hari besar. 

Sebagai informasi, Pasar Tani diselenggarakan di 34 provinsi selama kurun waktu 1 bulan menjelang lebaran. Khusus di Sumut, Plt. Direktur Jendral Perkebunan, Ali Jamil bertindak selaku penanggung jawabnya.

Sebagai salah satu unit kerja lingkup Kementerian Pertanian di Sumut, Karantina Pertanian Belawan juga turut proaktif dalam kegiatan tersebut.

"Di Pasar Tani, kami turut serta dengan membuka gerai  bawang putih. Harga yang dibandrol adalah Rp. 20.000 /kg," ujar Kepala Karantina Pertanian Belawan, Andi Yusmanto, saat dimintai keterangan.

Yusmanto juga menyebutkan di Pasar Tani kali ini disediakan 1.000 kupon, dengan potongan Rp 2.000 di setiap kupon untuk setiap transaksi pembelian. Pada penyelenggaraan kali ini juga melibatkan Bulog, BUMD,  POKTAN (Kelompok Tani) dan Petani Binaan, tambah Yusmanto.

Gubernur Edy Rahmayafi  yang hadir dan meresmikan Pasar Tani, menyampaikan bahwa pihaknya meminta bantuan kepada distributor bahan pangan agar tidak menaikan harga, terlebih jelang H-2 lebaran. 

"Terima kasih kepada Kementerian Pertanian yang telah menggelar Pasar Tani, dan saya sampaikan juga dari hasil pemantauan di lapangan, 12 bahan pangan pokok di Sumatera Utara untuk tiga bulan kedepan tercukupi. Bahan pangan cukup, harga stabil," ungkap Edy yang hadir didampingi Wali Kota  Medan, Bobby Nasution, Pangdam I Bukit Barisan, perwakilan Polda Sumatera Utara. 

Berikut pantauan harga sembako di Pasar Mitra Tani di Kota Medan, beras Rp. 49.000/5 kg , daging kerbau Rp. 80.000/kg, daging sapi Rp.  125.000/kg, daging ayam Rp. 38.000 /kg, telur 1.000 /butir, minyak goreng Rp. 15.000 /kg, gula Rp. 12.500 / kg, bawang merah Rp. 25.000  /kg, cabe Rp. 22.000 /kg, dan yang lainnya. *(junita sianturi)