Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jelang Idul Fitri, Harga Beras Mulai Bergerak Naik

Tumpukan beras di gudang Bulog Jemadi, Kota Medan. Harga beras mulai bergerak naik menjelang Lebaran Idulfitri.suaratani.com-dok


SuaraTani.com – Medan| Harga beras di Kota Medan mulai menunjukkan adanya peningkatan dalam rentang Rp250 hingga Rp500 per kgnya. 

Kenaikan harga beras tersebut  terjadi hampir dibanyak pedagang pengecer, meskipun tidak semua pedagang pengecer menaikkan harga jual berasnya. Kenaikan harga beras terjadi pada semua jenis beras yang dijual.

Sementara harga daging ayam yang sebelumnya dijual dalam kisaran Rp36 ribu hingga Rp38 ribu per kg, masih mempertahankan tren naik, meski belum melampaui Rp38 ribu per kg. 

Untuk harga cabai merah juga sama, mengalami kenaikan harga di sejumlah pedagang. Kalau sebelumnya banyak pedagang yang menjual harga dalam rentang Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per kg. Pada hari ini harga cabai merah dijual dikisaran 30 ribu per Kg. 

“Rentang batas bawah sebelumnya yang mengalami kenaikan, tetapi rentang harga batas atasnya tidak mengalami perubahan,” ujar pemerhati ekonomi Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin di Medan (28/4/2022).

Gunawan menyebutkan, fluktuasi harga komoditas menjelang lebaran masih berpeluang terjadi dalam waktu dekat. Jadi di akhir pekan nanti harga bisa berfluktuasi lagi dengan kecenderungan mengalami kenaikan. 

“Dan saya menilai fluktuasi tersebut memang biasa terjadi saat menjelang lebaran. Dan akan kembali normal nanti setelah semua aktifitas masyarakat kembali normal, atau pada saat libur panjang telah usai,” pungkasnya. *(ika)