Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Stok Bahan Pangan Aman, Harga Daging Sapi Capai Rp140.000 Per Kg

Wali Kota Medan, Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK Kota Medan, Ny Kahiyang Ayu melakukan peninjauan bahan pokok ke Pusat Pasar Medan, Rabu (27/4/2022). suaratani.com - ist

SuaraTani.com - Medan| Menjelang hari Raya Idulfitri 1443 H, harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), mulai naik. Begitupun,  semua bahan pokok dipastikan stoknya aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat Kota Medan dihari Lebaran bahkan stoknya aman untuk dua bulan mendatang.

"Bahan pokok yang naik mulai dari daging sapi, ayam potong, telur, bawang merah dan tomat. Sedangkan kebutuhan pokok lainnya harganya sampai dengan saat ini masih normal," kata Wali Kota Medan, Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK Kota Medan, Ny Kahiyang Ayu melakukan peninjauan ke Pusat Pasar Medan, Rabu (27/4/2022). .

Untuk harga kebutuhan pokok lainnya normal seperti bawang merah diharga Rp35.000 per kilogram (kg), cabai merah Rp30.000, cabai rawit Rp25.000 dan bawang putih Rp25.000 per kg. Sedangkan beras IR harganya juga masih normal bekisar Rp12.000  per kg.

Menurut Bobby Nasution, jelang Lebaran ini harga daging sapi dan ayam potong naiknya cukup tinggi, dimana untuk ayam potong naik sekitar Rp4.000 per kg dari Rp32.000 menjadi Rp37.000 per kg. Sedangkan daging sapi naik Rp20.000 per kgdari Rp110 ribu  menjadi Rp140 ribu per kg.

"Kenaikan harga ayam potong ini bukan karena stoknya yang berkurang atau tidak ada. Namun karena harga pakan ayam yang mengalami kenaikkan sehingga berdampak dengan harga jual ayam potong. Untuk stok kebutuhan pokok di Medan aman dua bulan ke depan," kata Bobby sembari mengungkapkan untuk minyak goreng ketersediaannya masih aman dimana minyak curah masih berada di harga Rp15.500 per liter.

Guna menjamin kebutuhan pokok aman dikonsumsi, Bobby Nasution yang hadir didampingi sejumlah OPD diantaranya Kepala Dinas (Kadis) Ketapang, Emilia Lubis, Kadis Perdagangan, Damikrot dan Kadis Kominfo, Arrahmaan Pane, menjelaskan bahwa Pemko Medan berkolaborasi dengan BPPOM melakukan pemeriksaan laboratorium makanan yang dijual pedagang mulai dari kerupuk sampai ikan sale. 

Dalam peninjauan ini, kata Bobby, sejumlah pedagang masih mengeluhkan permasalahan yang sama tentang Pasar. Tentunya ini menjadi perhatian PUD Pasar agar dapat segera memperbaiki fasilitas yang dikeluhkan pedagang," jelasnya.

"Nanti akan kita pindahkan, kalaupun memang dipindahkan kita siapkan dulu tempatnya karena ini menyangkut masyarakat kita, pedagang kita. Nggak bisa sembarangan juga. Karena ini bukan baru sekarang, sudah bertahun-tahun mereka berada di titik yang tidak seharusnya," ujar Bobby Nasution.

Agus, pedagang daging sapi yang mengeluhkan tingginya harga daging khususnya daging impor. Dimana daging impor saat ini sudah tidak ada lagi harganya Rp80.000 per kg. Selain itu memperoleh daging tersebut susah, tidak ada lagi di di Bulog melainkan di swasta dengan harga yang cukup tinggi.

"Kami menyampaikan keluhan ini ke Pak Wali semoga bisa disampaikan ke pak Presiden agar harga daging sapi kembali turun," katanya sembari mengaku bangga karena ibu Wali Kota, Ny Kahiyang membeli daging jualannya.

Usai meninjau pusat pasar, Wali Kota Medan didampingi Unsur Forkopimda diantaranya Kapolresta Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda dan Dandim 0201/Medan Kol Ferry Muzawwad melakukan peninjauan ke Pasar modern Transmart Carrefour di Jalan Gatot Subroto Medan. Kunjungan ini memastikan tidak ada makanan dan minuman yang kadaluarsa maupun yang kemasannya rusak.* (wulandari)