Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BI Sumut Catat, Kebutuhan Uang Selama Idulfitri Capai Rp4,60 Triliun

Kebutuhan uang masyarakat Sumut selama Idulfitri capai Rp4,60 triliun.suaratani.com-dok

SuaraTani.com – Medan| Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Sumatera Utara (Sumut) mencatat, jumlah uang yang keluar dari BI untuk kebutuhan uang selama Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idulfitri 2022 adalah sebesar Rp4,60 triliun atau sebesar 91% dari perkiraan Rp5,025 triliun.

Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut, Ibrahim, mengatakan, dari Rp4,60 triliun tersebut, terdiri dari uang pecahan besar sebanyak Rp3,89 triliun dan uang pecahan kecil Rp701,4 miliar.

“Nilai kebutuhan uang tersebut sudah termasuk penukaran yg dilakukan langsung oleh masyarakat ke Bank Indonesia sebesar Rp5,75 miliar,” ujar Ibrahim melalui pesan singkat, Rabu (11/5/2022).

Ibrahim menyebutkan, jumlah uang sebesar Rp4,60 triliun itu bisa dikatakan semacam kebutuhan tambahan, karena pada saat lebaran banyak masyarakat yang butuh uang tunai.

“Sementara uang yang sudah beredar di masyarakat sudah ada lagi di perbankan, jadi lebih besar lagi,” sebutnya.

Ibrahim memastikan penukaran uang secara umum berjalan dengan baik. Selain dapat menikar langsung ke BI, masyarakat juga telah memanfaatkan layanan penukaran uang di perbankan secara langsung. *(ika)