Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Setelah Libur Panjang, Badai Siap Hantam Pasar Keuangan

Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin.suaratani.com-dok

SuaraTani.com – Medan| Kinerja pasar keuangan selama sepekan kedepan pada dasarnya tidak banyak dipengaruhi oleh data data ekonomi penting.

Data- data yang tersaji umumnya didominasi oleh rilis data inflasi dari banyak negara termasuk Indonesia. Hanya saja selama liburan panjang sepekan, pasar keuangan di luar khususnya di banyak negara besar, kinerja indeks bursanya memburuk.

Hal ini menurut analis keuangan Sumatera Utara (Sumut) Gunawan Benjamin dikhawatirkan memicu terjadinya tekanan atau bahkan pukulan berat bagi kinerja IHSG dan Rupiah di tanah air. Karena kinerja pasar keuangan di luar mengalami tekanan hebat saat kita disini tengah merayakan Idul Fitri.

Pemicunya yakni ekspektasi yang kian kuat terhadap kemungkinan kenaikan bunga acuan yang akan dilakukan oleh bank sentral AS atau The FED dalam waktu dekat.

“Rencana kenaikan bunga acuan yang agresif telah menjadi sentimen buruk bagi pasar keuangan global. Sehingga, sebaiknya pelaku pasar mewaspadai badai yang sangat berpotensi memicu terjadinya tekanan di pasar keuangan,” sebut Gunawan di Medan, Senin (9/5/2022). 

Saat ini saja kata Gunawan, Rupiah tengah dalam tekanan dan berada dikisaran 14.498 per us dolar, atau  nyaris mendekati 14.500 per us dolarnya.

“Sementara IHSG juga berpeluang diperdagangkan melemah di pekan ini,” pungkasnya. *(ika)