Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

3 Ruang Belajar MTs Negeri 1 Labuhanbatu Mengkhawatirkan

3 ruangan MTs Negeri 1 Labuhanbatu  sering  kebanjiran.suaratani.com-fajar

 SuaraTani.com – Labuhanbatu| Pihak sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Labuhanbatu mengkhawatirkan kondisi 3 ruang belajar mengajarnya. Sebab, sering mengalami kebanjiran manakala hujan mengguyur deras.

Selain itu, efek genangan air di kelas 7 E, F dan G tersebut menyebabkan ketiga ruangan belajar sekolah di kawasan jalan Kampung Baru, Rantau Utara itu juga mengalami retak. Dan, mengancam keselamatan jiwa para siswa.

"Kita khawatirkan sering banjir kalau dimusim penghujan," jelas Kepala Sekolah MTs Negeri 1 Labuhanbatu, Bakaruddin Sitompul, di ruang kerjanya, Selasa (13/9/2022).

Tambah Bakaruddin, efek banjir mengakibatkan anak-anak peserta didik terpaksa diliburkan. Alasannya, karena terbatasnya ruang kelas di komplek sekolah tersebut.

Kondisi bergesernya pondasi gedung, juga mengakibatkan retaknya dinding dan berpisahnya tiang penyangga ruangan. Untuk ini, pihaknya terpaksa nantinya akan melakukan pemantauan-pemantauan berkala kondisi ketahanan bangunan.

Sebab, dikhawatirkan jika terjadi gempa bumi kualitas bangunan tersebut sudah tidak maksimal.

"Untuk tahap awal, mengatasi banjir akan dibangun selokan baru. Sedangkan untuk dinding akan dibangun tiang penyangga pondasi," katanya.

Tapi, menurut dia, hal itu bukan solusi utama. Maka, diperlukan dilakukannya rehab berat ruangan tersebut. Sehingga tidak mengancam jiwa para siswa.

Untuk rehab berat, katanya sejatinya saat liburan anak sekolah mendatang. Tapi, saat ini katanya anggaran sekolah tidak memadai untuk ke arah tersebut.

"Seharusnya saat liburan sekolah dilakukan rehab. Agar tak mengganggu proses belajar mengajar. Tapi, anggaran untuk itu masih belum ada," tegasnya.

Kedepan, katanya  dengan dana anggaran tahun berjalan, akan memprioritaskan penyediaan fasilitas-fasilitas utama di sekolah tersebut.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Labuhanbatu, DR Safii ketika dihubungi mengaku akan meninjau kondisi ruangan MTs Negeri 1 Labuhanbatu tersebut.

"Akan kita tinjau langsung," tandasnya. *(fajar dame harahap)