Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Labuhanbatu Kekurangan 1.773 guru

Plt Kepala Dinas Pendidikan Labuhanbatu Asrol Aziz Lubis.suaratani.com-fajar

SuaraTani.com – Labuhan| Kabupaten Labuhanbatu mengalami kekurangan guru di jenjang sekolah TK, SD dan SMP negeri. Bahkan, asumsi pada tahun 2019, Dinas Pendidikan Labuhanbatu kekurangan sebanyak 1.773 tenaga guru.

"Iya, diperkirakan pada tahun 2019 lalu Kabupaten Labuhanbatu sudah kekurangan guru sebanyak 1.773 orang," ungkap Plt Kepala Dinas Pendidikan Labuhanbatu Asrol Aziz Lubis, Selasa (13/9/2022) di ruang kerjanya.

Kekurangan tenaga guru itu, tambahnya tersebar di 7 TK pembina, SD sebanyak 242 sekolah dan SMP sebanyak 33 sekolah.

Kekurangan disebabkan banyaknya jumlah guru yang memasuki masa pensiun. Diperparah pula, selama 5 tahun terakhir tidak adanya penerimaan tenaga guru baru.

"Rata-rata jumlah guru yang pensiun sekira 100-an orang pertahun," ujar Plt Kadis Pendidikan.

Tapi, pihak Pemkab Labuhanbatu papar Asrol Aziz merasa terbantu dengan adanya pengangkatan guru jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Tahap I, lanjutnya pihak Kementerian Pembedaayan Aparatur Negara Reformasi.Birokrasi (Kemenpan RB) memberi peluang sebanyak 100 guru honorer diangkat sebagai guru P3K. Status bulan April 2022 sudah menerima SK.

"Dan tahap II didominasi guru swasta diterima aebagai guru P3K sebanyak 60 orang, dan bulan Mei 2022 menerima SK," lanjutnya.

Pihaknya juga masih menunggu hasil proses pemetaan dari Kemenpan RB untuk pengangkatan usulan sebanyak 334 orang tenaga guru. Dan, untuk memberikan nomor induk pegawai (NIP)

"Sebanyak 334 orang sudah lulus passing grade yang ditentukan pihak Kemendikbud RI. Tinggal menunggu NIP yang dikeluarkan Kemen PAN-RB untuk selanjutnya dilakukan pemberkasan," urainya.

Kemudian, upaya menambah tenaga guru pihaknya juga lanjut Asrol Aziz mengirimkan sebanyak 300 orang tenaga guru untuk diajukan sebagai P3K menjalani proses observasi. Usulan tersebut diajukan pada bulan Juli 2022 ke Kemendikbud RI.

"Harapannya tahun ini setelah dilakukan rapat kordinasi (rakor) tentang pengangkatan P3K observasi, kita bisa menambah kekurangan jumlah guru yang semakin dibutuhkan," tandasnya. *(fajar dame harahap)