Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mudahkan Pelayanan, Irjen Kementan Jan Maringka Apresiasi Mobil Serli Karantina Pertanian Kualanamu

Kepala Karantina Pertanian Kualanmu, Lenny Hartati Harahap memperlihatkan bagian dalam mobil sertifikasi keliling (Serli) milik Karantina Pertanian kepada Irjen Kementan, Jan Maringka, Sabtu (17/9/2022) di halaman Kantor Karantina Kualanamu, Deliserdang. 

SuaraTani.com – Deliserdang| Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian (Kementan), Jan Samuel Maringka mengapresiasi peresmian mobil SERLI atau mobil sertifikat keliling milik Balai Karantina Pertanian Kualanamu.

“Ini adalah suatu bentuk kreativitas di mana kenderaan operasional dioptimalkan tidak hanya untuk mendukung kegiatan perkantoran saja tetapi juga memberikan dukungan untuk kegiatan layanan masyarakat,” ucap Jan Maringka usai peresmian mobil Serli di kantor Karantina Jalan Dusun Lestari Desa Pasar V, Kebun Kelapa, Kecamatan Beringin Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (17/9/2022).

Menurut Jan Maringka, mobil ini diberi nama Serli yang berarti sertifikasi keliling, sehingga nantinya pelayanan-pelayanan yang terkait dengan kegiatan Karantina dapat berjalan lebih cepat lagi dan langsung ke tempat-tempat tertentu.

“Wilayah-wilayah yang dituju akan ditentukan oleh pihak Karantina Kualanamu. Tetapi, paling tidak, kita berharap ini adalah Serli pertama dan nantinya akan ada pembagian wilayah berkaitan dengan kegiatan usaha baik UKM maupun komersil lainnya,” ucap Irjen Jan Maringka.

Mobil Serli ini, lanjut Jan Maringka, adalah salah satu bentuk nyata program Kementan yaitu Gratieks (Gerakan tiga kali ekspor) sehingga baik tumbuhan maupun hewan yang akan dikirim atapun yang akan masuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik. 

Sementara itu, Kepala Karantina Pertanian Kualanmu, Lenny Hartati Harahap menjelaskan bahwa mobil Serli ini juga melayani pengurusan administrasi secara sistem online juga.

”Hanya saja, ini memakai mobil keliling, semuanya sama memakai sistem online dan ada juga laboratorium mininya,” jelas Lenny.

Tetapi Serli ini lanjut Lenny, juga difungsikan untuk komoditas yang loris, sehingga pemeriksaan lab mininya hanya sekitar makrosofis. Dan Serli ini lebih diperuntukan untuk Tiki, Shopee ataupun JNE.

Dengan begitu, kata Lenny, mereka tidak perlu datang jauh-jauh ke Kantor Karantina Kualanamu. 

“Jadi bisa memperkecil biaya, juga menghemat waktu,” ujarnya.

Lenny juga mengatakan, mobil Serli ini nantinya akan di tempatkan di lokasi-lokasi tertentu, seperti di Jalan Monginsidi, dengan Istana Maimun dan Amplas.

“Saat ini mobil keliling ini masih satu unit tapi tahun 2023 kita mendapat satu unit lagi mobil serli,” kata Lenny Harahap. * (junita sianturi)