Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tekan Kenaikan Inflasi, Pemkab Taput Siap Kerjasamakan Komoditas yang Surplus

Bupati Taput berfoto bersama Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi , Dandim 0210/TU, Kajari Taput, Kepala BPS Taput, Kepala Perwakilan Bank Indonesia  SibolgaYuliansyah Andrias, SAM Retail PT. Pertamina Sibolga Ageng Nurhamanto Putra saat kegiatan rapat koordinasi mengantisipasi kenaikan inflasi di Sopo Rakyat, Tarutung, Rabu (7/9/2022).suaratani.com-ist

SuaraTani.com-Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput),  Nikson Nababan, memimpin Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah dan Antisipasi Dampak Kenaikan BBM di Kabupaten Tapanuli Utara di Sopo Rakyat Rumah dinas Bupati, Rabu (7/9/2022).

Dalam rapat yang dihadiri Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi , Dandim 0210/TU, Kajari Taput, Kepala BPS Taput, Kepala Perwakilan Bank Indonesia  SibolgaYuliansyah Andrias, SAM Retail PT. Pertamina Sibolga Ageng Nurhamanto Putra dan perangkat daerah serta camat se - Kabupaten Taput itu, Bupati Taput memberikan penekanan yang menjadi prioritas utama dalam menekan angka inflasi. 

"Saya tekankan dan tegaskan untuk hal hal yang menjadi prioritas utama untuk segera ditindaklanjuti Komoditas Taput khususnya komoditi cabai merah dan bawang merah surplus agar siap dikerjasamakan dengan pemerintah kab/kota di Sumatera Utara (Sumut) menjaga disparitas harga dan pasokan," tegasnya

Selanjutnya Bupati menambahkan, Pemerintah Kabupaten Taput  tetap bekerja keras untuk menahan lajunya inflasi dengan tetap berkordinasi dengan TPID Provinsi Sumut untuk menjaga ketersediaan Pasokan. 

"Saya tegaskan juga untuk optimalisasi penggunaan pupuk organik, perbaikan pola tanam dan optimalisasi peranan perusda pertanian dan Bumdes Kabupaten Tapanuli sebagai oftaker produk dari petani," ujar Bupati.

Di akhir arahannya, Bupati Taput menyampaikan peran penting Pemerintah Kabupaten Taput.

"Saya juga mendorong untuk optimalisasi anggaran untuk melakukan operasi pasar murah dan sidak pasar serta peningkatan komunikasi kepada masyarakat untuk menjaga ekspektasi inflasi dan peningkatan sosialisasi kepada masyarakat untuk mendorong pola konsumsi produk olahan pangan," kata Bupati mengakhiri

Untuk mengantisipasi dampak kenaikan harga BBM, Pemerintah Kabupaten Taput telah mengeluarkan Keputusan Bupati Tapanuli Utara Nomor : 545 Tahun 2022 tentang Penetapan Tarif Ongkos Mobil/Bus Penumpang Umum Angkutan Kota dan Pedesaan  dan Antar Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara.

Selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan BBM di kecamatan yang tidak memilik SPBU, Pemerintah Kabupaten Taput akan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat, Pertamina dan BPH Migas dan melaksanakan sesuai dengan regulasi.

Untuk meningkatkan produktivitas dan nilai tambah sektor pertanian, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara mengharapkan agar Bank Indonesia Sibolga dan PT. Pertamina berkenan memanfaatkan dana sosial maupun CSR untuk program hilirisasi produk pertanian di Kabupaten Tapanuli Utara 

Selanjutnya Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga memaparkan kondisi Inflasi di  Wilker Bank Indonesia Sibolga dan mendukung program-program yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam menekan laju inflasi. 

SAM Retail PT. Pertamina Sibolga menyampaikan paparan terkait pendistribusian BBM di Kabupaten Tapanuli Utara dan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara agar melakukan registrasi aplikasi MyPertamina untuk mendukuk program Pemerintah tentang subsidi BBM tepat sasaran. *(darwin nainggolan)