Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Perjuangan Bupati Taput Nikson Nababan Jadi Kenyataan, Usulan TORA Disetujui KLHK

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan menerima Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wil I Medan, Pernando Lumbantobing dan Tim Tata Batas TORA  di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Senin (7/11/2022).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan menerima Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wil I Medan, Pernando Lumbantobing dan Tim Tata Batas TORA dalam rangka pertemuan untuk penataan batas TORA yang disetujui oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Senin (7/11/2022). 

Telah ditetapkan SK Menteri LHK tentang persetujuan pola penyelesaian penguasaan tanah dalam rangka penataan kawasan hutan (PPPK) / TORA S. 286/MENLHK/SETJEN/PLA.O/10/2022 tanggal 14 Oktober 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Nikson yang didampingi Kadis Lingkungan Hidup Heber Tambunan dan Kadis Perkim Budiman Gultom menyampaikan rasa syukur karena perjuangan menjadi kenyataan usulan TORA oleh Bupati Taput Nikson Nababan untuk membela hak masyarakat akhirnya disetujui oleh Menteri LHK. 

Dan untuk selanjutnya Bupati Nikson Nababan akan kembali memprogramkan usulan TORA pada tahun 2023 agar lebih banyak hak masyarakat yang terpenuhi. 

Dalam kesempatan itu, Kepala BPKH, Pernando Lumbantobing,  yang membawahi 2 provinsi yaitu Provinsi Sumatera Utara dan Sumatera Barat menjelaskan bahwa  usulan Bupati Taput yang disetujui tersebut seluas 10.095ha  yang tersebar di 15 Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara, dan merupakan usulan terluas yang disetujui oleh Menteri KLHK diantara kabupaten-kabupaten yang ada di Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

 Camat se-Kabupaten Tapanuli Utara turut hadir dalam pertrmuan tersebut. *(darwin nainggolan)