Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mulai Besok, Aplikasi PeduliLindungi Bertransformasi Total Jadi Satu Sehat Mobile

Seorang warga membuka aplikasi PeduliLindungi.Per 1 Maret, aplikasi ini bertransformasi total menjadi Satu Sehat Mobile.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Jakarta| Mulai besok atau 1 Maret 2023, Aplikasi PeduliLindungi akan bertransformasi secara total menjadi sistem layanan kesehatan terpadu, disebut Satu Sehat Mobile.

Deputi Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Agus Rachmanto, mengatakan, aplikasi PeduliLindungi secara otomatis berubah mejadi Satu Sehat Mobile.

"Akan otomatis berubah. Kta tidak ingin menyulitkan masyarakat. Kita hanya akan memberitahukan bahwa ada perubahan. Tanggal 1 Maret 2023 aplikasi di handphone akan berubah sendiri,” kata Agus dalam Siaran Sehat di Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Agus mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir terhadap penambahan fitur dalam SatuSehat Mobile yang sebelumnya tidak ada di PeduliLindungi.

Bahkan aplikasi baru ini, kata dia, akan menyediakan layanan kesehatan yang lebih luas. Data rekam medis dan data layanan kesehatan lainnya terintegrasi dalam platform Satu Sehat.

Misalnya menginformasikan sertifikat vaksinasi atau imunisasi anak, konsultasi dokter, cek rumah sakit hingga pencatatan jenis obat yang dikonsumsi.

"Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir akan tiap fitur yang dihadirkan dalam Satu Sehat Mobile. Karena saat ini Indonesia sedang memasuki masa transisi dari pandemi Covid-19 menjadi endemi. Banyak layanan konsultasi yang diberikan tenaga kesehatan ataupun rumah sakit di dalamnya dipastikan resmi dan berlisensi," terang Agus.

Agus juga menjamin keamanan seluruh data yang masuk ke dalam Satu Sehat Mobile. Karena Kemenkes sudah menggandeng sejumlah pihak terkait seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Agus pun megingatkan kembali para pengguna tidak perlu mengunduh kembali aplikasi Satu Sehat Mobile, karena secara otomatis per tanggal 1 Maret 2023 PeduliLindungi yang ada pada gawai akan berubah.

Kalaupun memerlukan sejumlah update baru, katanya, maka akan muncul notifikasi pada layar handphone dan tidak perlu juga melakukan registrasi ulang.

Setelah menggunakan SatuSehat, pengguna tidak perlu repot membawa data rekam medisnya secara fisik ketika hendak berpindah rumah sakit untuk berobat. *(desi)