Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tutup Masa Sidang 2022-2023, Anggota DPR RI Masuki Masa Reses

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad saat memberikan pidato pada Rapat Paripurna, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (16/2/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Jakarta| DPR RI menggelar Rapat Paripurna Penutupan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2022-2023, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Adapun selama Masa Persidangan III Tahun Sidang 2022-2023 ini, DPR RI telah melakukan pengawasan terhadap beberapa isu yang berkembang di masyarakat. 

Di antaranya adalah kelangkaan minyak goreng subsidi, naiknya harga pangan, masalah pegawai non-ASN, dan persiapan Pemilu Serentak Tahun 2024. 

Akan tetapi, Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, mengingatkan pemerintah agar kesejahteraan rakyat tetap menjadi prioritas utama.

“Saat ini kita merasakan, aktivitas sosial dan ekonomi sudah mulai bergerak pulih. Kekuatan konsumsi domestik didukung investasi serta konsumsi pemerintah akan berperan strategis menjadi pendorong sekaligus menopang ketahanan ekonomi. Melalui kebijakan dan program kementerian/lembaga terkait, Pemerintah perlu mendorong pertumbuhan ekonomi sektor-sektor strategis, sehingga dapat meningkatkan produktivitas perekonomian rakyat,” kata Dasco saat membuka rapat tersebut.

Lebih lanjut, DPR RI, ujar Dasco, juga memastikan penyelenggaraan pelayanan publik menjadi komitmen bersama yang mengedepankan integritas dan kompetensi. 

Selama Masa Persidangan III Tahun Sidang 2022-2023 juga, DPR RI menggelar Uji Kelayakan dan Kepatutan (fit and proper test) terhadap pejabat dan non pejabat publik. Mulai dari, Uji Kelayakan dan Kepatutan terhadap para Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Periode 2022-2025.

Kemudian Calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Duta Besar LBBP) Republik Indonesia, Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia, dan Kantor Akuntan Publik (KAP) Pemeriksa Laporan Keuangan BPK RI.

Selepas masa penutupan ini, kata Dasco, para Anggota DPR RI akan menjalankan tugas konstitusional untuk mendengarkan dan menyerap aspirasi rakyat di berbagai daerah di Indonesia secara langsung. 

Oleh karena itu, dirinya berharap masyarakat Indonesia turut mendukung dengan semangat gotong-royong membangun Indonesia yang lebih baik.

“Atas nama Pimpinan DPR RI, saya mengumumkan kepada seluruh rakyat Indonesia, mulai tanggal 17 Februari sampai dengan tanggal 13 Maret 2023 DPR RI memasuki Masa Reses Masa Persidangan III Tahun Sidang 2022-2023,” pungkasnya. *(desi)