Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bupati Nikson Nababan Buka Musrenbang RKPD Taput Tahun 2024

Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, saat membuka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2024, bertempat di  Sopo Partukkoan Tarutung, Senin (20/3/2023).suaratani.com-darwin nainggolan

SuaraTani.com – Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, membuka secara resmi Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Taput Tahun 2024, bertempat di  Sopo Partukkoan Tarutung, Senin (20/3/2023). 

Turut hadir Gubernur Sumatera Utara (Sumut) yang diwakili oleh Kepala Bapenda Provsu Achmad Fadly, M.Si Sekretaris Daerah Kabupaten Taput Indra S.H Simaremare, Forkopimda Taput  dan para narasumber dari Provinsi Sumut.

Bupati Nikson mengatakan, Musrenbang tahun ini memiliki makna yang sangat penting, karena merupakan penjabaran tahun ke-5 atau tahun terakhir dari RPJMD Kabupaten Taput periode 2019-2024. 

“Marilah kita membuka dan mencermati beberapa isu strategis dan permasalahan yang masih menjadi kendala dan tantangan di Kabupaten kita ini yang hal tersebut dapat dijadikan dasar dalam penentuan program dan kegiatan,” ujar Bupati mengawali. 

Bupati Nikson Nababan juga menjelaskan bahwa berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS), dalam kurun waktu setahun ini angka kemiskinan di Kabupaten Taput mengalami penurunan 0,79%.

Atau turun dari 9,72%  tahun 2021 menjadi 8,93 % tahun 2022. Hal tersebut menunjukkan bahwa kesejahteraan masyarakat semakin membaik. 

Selain penanggulangan kemiskinan, isu strategis dititikberatkan pada Tingkat Pengangguran Terbuka mengalami penurunan dari 1,54 % tahun 2021 menjadi 1,07 pada tahun 2022 sebesar 0,41%. 

Selanjutnya isu strategis berupa pencegahan stunting. Bupati Nikson Nababan menekankan agar ditangani dengan baik, terukur, terarah, agar Taput tetap membangun generasi masa depan, menjadi generasi unggul, berdaya saing dan berkualitas. 

Tema RKPD Kabupaten Taput tahun 2024 yaitu “Konsolidasi dan Sinergitas Perencanaan Pemnbangunan” dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Taput.

Untuk itu Bupati Nikson meminta kepada semua perangkat daerah agar focus kepada pencapaian target indikator-indikator pembangunan sesuai dengan perubahan RPJMD Kabupaten Taput tahun 2019-2024.

“Tahun 2024 merupakan tahun politik dimana pemilu dan pilkada serentak dilaksanakan, situasi politik yang cenderung sangat perlu diantisipasi dengan tetap menjaga dan meningkatkan stabilitas ekonomi, social dan politik agar pembangunan tetap terjaga” tambah Bupati.

Bupati Nikson mengakui akan ada kebutuhan prioritas pembangunan daerah yang belum dapat terakomodir pada tahun 2024, oleh karena keterbatasan APBD. 

Hal ini akan menjadi perhatian Pemkab Taput mengupayakan perolehan bantuan dana pembangunan, baik dari pemerintah Provinsi Sumut, pemerintah pusat dan pelaku dunia usaha/ perusahaan dengan program CSR. 

“Saya minta kepada semua perangkat daerah bersinergi dan meningkatkan ekselerasi kerja dengan membuat inovasi sebagai implementasi terobosan dan peningkatan pelayanan," ujar Bupati mengakhir arahannya.*(darwin nainggolan).