Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bupati Nikson Serahkan Bantuan Mensos Tahap Pertama untuk Pembangunan Rumah Korban Gempa Taput

Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan memberikan bantuan Menteri Sosial Tahap pertama untuk pembangunan 22 unit rumah korban gempa Taput, bertempat di Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara, Rabu (1/3/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com  - Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan memberikan bantuan Menteri Sosial Tahap pertama untuk pembangunan 22 unit rumah korban gempa Taput, bertempat di Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara, Rabu (1/3/2023).

Adapun Total bantuan tahap pertama adalah sebesar Rp3.701.676.000 dengan rincian Rp168.250.000 per warga.

Dalam sambutannya, Bupati Nikson Nababan menyatakan rasa terima kasih kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini yang dari awal kejadian gempa yang melanda Taput pada tanggal 1 Oktober 2022 sudah antusias dan peduli dengan keadaan Tapanuli Utara yang terdampak gempa.

Mensos sudah memberikan banyak bantuan sembako dan tenda, kemudian yang telah terealisasi saat ini melalui permohonan Bupati  kepada Mensos.

Dan dengan segala persyaratan yang diminta oleh Kemensos RI perihal verifikasi data by name by address korban gempa yang rumahnya rusak total akibat gempa, akhirnya Mensos memberikan bantuan tahap pertama pembangunan 22 unit rumah yang terdampak gempa.

“Terima kasih buat Menteri Sosial Ibu Tri Rismaharini  yang begitu peduli dengan warga terdampak gempa bumi. Biarlah gempa bumi tahun 2022 menjadi pelajaran bagi kita warga Tapanuli Utara. Melalui tim verifikasi, data-data yang sudah diterima Kemensos by name by address semuanya betul. Barulah dana bantuan ini direalisasikan” ujar Bupati.

Selanjutnya Bupati Nikson menyampaikan bahwa bangunan  tersebut nantinya sudah layak huni dan tahan gempa. Dan pekerjaannya sudah dipihakketigakan oleh Kemensos. Ahlinya akan turun langsung ke lokasi saat proses pembangunan  berjalan.

“Kalau kita lihat dari bangunan yang contohnya sudah ditunjukkan oleh tim arsitek dilayar proyektor , sudah seperti bangunan rumah yang ada di Kota Jakarta dan tahan gempa, sesuai perintah ibu Risma setiap rumah yang dibangun harus tahan gempa. Saya juga berharap kepada pihak ketiga yang telah dipercaya Kemensos untuk membangun rumah agar terus mengawasi hingga pembangunan rumah selesai tepat waktu,” tambah Bupati. 

Sementara tim verifikasi Kemensos RI, Yuda Prasetya Utama, dalam sambutannya mengatakan selain dari tim verifikasi, ada tim arsitek yang nantinya akan membangun rumah-rumah yang terkena gempa. Pihaknya sudah melakukan verifikasi ulang ke rumah-rumah korban gempa.

“ Kita juga memberikan apresiasi kepada Bapak Bupati kita Nikson Nababan yang sudah berjuang dengan mengajukan permohonan kepada Mensos RI dan telah disetujui sebanyak 45 rumah. Untuk tahap pertama dibangun 22 rumah, sebagai informasi, mungkin nanti dari yang 22  rumah yang kita bangun akan dibangun secara bertahap dan bergiliran, kami mohon bapak ibu bisa bersabar menunggu prosesnya," ungkap Yuda.

Dalam laporannya Kadis Sosial Taput, Bahal Simanjuntak, menjelaskan bahwa semua hal ini bisa terjadi karena kerja keras Bupati Nikson Nababan yang gigih mengunjungi dan mengajukan permohonan kepada Mensos RI Tri Rismaharini untuk memberikan bantuan pada korban terdampak gempa.*(darwin nainggolan)