Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokok Masih Stabil

Harga cabai merah di pasar tradisional Kota Medan.Jelang ramadan, harga bahan pokok terpantau stabil.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Menjelang puasa, harga sejumlah kebutuhan pangan di Kota Medan maupun Sumatera Utara (Sumut) secara keseluruhan masih terpantau stabil. 

Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumut, Gunawan Benjamin, mengatakan, harga cabai merah di akhir pekan kemarin yang turun dikisaran Rp30 ribuan per Kg, pada hari ini masih tidak jauh berbeda dari akhir pekan sebelumnya dikisaran harga Rp28 ribu hingga Rp30 ribu per Kg.

Untuk harga cabai rawit juga demikian, pada akhir pekan atau Jumat lalu mengalami penurunan menjadi Rp27 ribuan per Kg di sekitar Medan. 

Bahkan di sejumlah daerah seperti di Langkat dan Deliserdang, harga cabai rawit ada yang dijual Rp15 ribu per Kg nya pada hari Sabtu – Minggu kemarin. 

“Sementara untuk harga bawang merah stabil di angka Rp30 ribu per Kg, dan kenaikan harga bawang putih sudah terhenti di level Rp31 ribuan per Kg, cukup stabil dibandingkan akhir pekan sebelumnya,” ujar Gunawan Benjamin di Medan, Senin (20/3/2023).

Gunawan menyebutkan, harga minyak goreng sejauh ini terpantau stabil di level Rp14 ribu per Kg, sementara gula pasir dan beras juga masih relatif tidak berubah dibandingkan dengan pekan sebelumnya. 

Untuk gula pasir ada dikisaran Rp14 ribu hingga Rp15 ribu per Kg, sementara harga beras berada dalam rentang Rp10.250 hingga Rp13.500 per Kg nya di Kota Medan.

Dan menjelang Ramadan, biasanya memang terjadi peningkatan permintaan yang cukup besar untuk komoditas daging ayam, telur ayam dan daging sapi. 

Sejauh ini harga daging ayam (khusus daging) dijual dalam rentang Rp28 hingga Rp30 ribu per Kg, atau sekitar Rp23 hingga Rp24 ribu untuk ayam utuh. Bergerak cukup stabil dengan kecenderungan naik.

Sementara untuk daging sapi, pada dasarnya juga masih sama dijual dikisaran Rp125 ribu hingga Rp135 ribu per Kg. 

Hanya saja harga daging sapi saat ini sudah berada di batas atas, dalam rentang Rp130 hingga Rp135 ribu per Kg. 

Dan untuk telur ayam, meskipun terpantau masih dikisaran Rp26 ribu per Kg, tetapi harga telur ayam eceran mulai merangkak naik dalam rentang 50 hingga 100 rupiah per butirnya.

Sejauh ini harga sejumlah kebutuhan pangan pokok masyarakat terpantau stabil. Akan tetapi yang perlu dicermati adalah ada beberapa komoditas pangan yang kapasitas produksinya terbatas, sehingga pasokannya tidak mampu mengimbangi lompatan kenaikan demand atau permintaan yang sifatnya sementara.Beberapa komoditas tersebut adalah telur ayam, cabai, dan bawang. 

“Secara keseluruhan, sejumlah harga kebutuhan pangan pokok masyarakat sejauh ini terpantau stabil, dan tidak ditemukan adanya gejolak harga yang besar di bulan Maret ini. Kabar ini bisa jadi kabar baik bagi pengendalian harga. Walaupun kita perlu mewaspadai potensi konsumsi masyarakat yang tergerus, akibat harga pangan yang pada dasarnya masih bertahan mahal,” pungkasnya. *(ika)