Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bupati Tapanuli Utara Terima Tim Verifikasi Penilaian Penghargaan Bangga Kencana MKK

Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan menghadiri acara penilaian dalam rangka kelayakan peraih Penghargaan Bangga Kencana Manggala Karya Kencana Bagi Bupati Tapanuli Utara dan Ketua TP. PKK Kabupaten Tapanuli Utara, bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Kamis (25/5/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, didampingi Kadis PPKBP3A Kab. Tapanuli Utara Donna Situmeang menghadiri acara penilaian dalam rangka kelayakan peraih Penghargaan Bangga Kencana Manggala Karya Kencana Bagi Bupati Tapanuli Utara dan Ketua TP. PKK Kabupaten Tapanuli Utara, bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Kamis (25/5/2023).

Dalam kegiatan tersebut yang dihadiri Kepala Perwakilan  BKKBN Provinsi Sumatera Utara Mhd. Irzal, beserta rombongan tim verifikasi, Ketua TP PKK Kabupaten Taput, Satika Simamora, turut ikut serta via zoom.  

Penghargaan Manggala Karya Kencana  (MKK) merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk. 

Dimana tahapan penilaiannya pada tahap pertama adalah administrasi kemudian tahap penilaian kedua adalah penilaian penghargaan Bangga Kencana Manggala Karya Kencana oleh tim verifikasi data usualan.

Dalam arahan dan bimbingannya Bupati Nikson Nababan juga memaparkan usulan penerima penghargaan MKK Pemkab Taput.  “Aspek kependudukan merupakan aspek penting dalam pembangunan dan tidak dapat diabaikan.  Salah satu isu strategis lainnya yang terkait dengan perkembangan kuantitas penduduk di Kabupaten Tapanduli Utara adalah perubahan komposisi penduduk, khususnya menurut umur dengan tren perubahan komposisi penduduk  menurut umur di masa lalu, diperkirakan Tapanuli  Utara akan mencapai tahap wisdom of opportunity menjadi bonus demography,” ujar Bupati Nikson mengawali.

Bupati menyebutkan, strategi Bangga Kencana Kabupaten Tapanuli Utara  yang dijalankan antara lain meningkatnya ketersediaan pelayanan KB dengan akses yang lebih baik dan merata, pemerataan akses ke pelayanan KB berkualitas yang memperhatikan hak klien.

Kemudian meningkatnya Sistem Jaminan Ketersediaan alat dan obat kontrasepsi Output, meningkatnya kapasitas sumberdaya manusia untuk menyediakan pelayanan KB yang berkualitas.

Diperkuatnya system informasi manajemen untuk menjamin kualitas, kelengkapan serta integrasi yang sejalan dengan system Kesehatan.

Meningkatnya kualitas pelayanan KB yang memperhatikan hak klien dan mengintegrasikan pelayanan sepanjang continuum siklus Kesehatan reproduksi.

“Capaian program Bangga Kencana Kabupaten Tapanuli Utara antara lain 7,8%  Angka kelahiran menurut kelompok umur (15-19 tahun) menunjukkan bahwa sudah rendah perkawinan anak usia 15-19  tahun,” sebutnys.

Kepala Perwakilan  BKKBN Provinsi Sumut,  Mhd. Irzal, pada kesempatan itu menyebutkan,  program MKK ini tidak lepas dari peran ibu TP PKK, baik tingkat kabupaten sampai tingkat desa. 

“Oleh karena itu dapat kami lihat beberapa nilai yang bagus dari TP PKK Kabupaten Tapanuli Utara salah satunya dukungan PKK aspek dan komitmen jumlah anak kurang dari 2, dan ini layak mendapat nilai 100, dan juga dukungan  dari ketua TP PKK dalam pembinaan Dasa Wisma dan ini merupakan suatu hal yang sangat positif dan layak mendapat nilai 100,” tuturnya.

Rangkaian acara selanjutnya yaitu melakukan penyerahan dokumen usulan Penghargaan Manggala Karya Kencana selanjutnya sesi tanya jawab ketua verifikasi usulan Penghargaan MKK dan penyerahan Cinderamata dan ditutup dengan foto Bersama.*(darwin nainggolan)