Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bupati Taput Serahkan Bantuan Pompa Air ke 6 Koptan

Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan menyerahkan bantuan alsintan berupa mesin pompa air kepada 6 kelompok tani yang bersumber dari dana APBN Pusat, di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara, Jumat (1/12/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com - Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan menyerahkan bantuan alsintan berupa mesin pompa air kepada 6 kelompok tani yang bersumber dari dana APBN Pusat, di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara, Jumat (1/12/2023).

Pada kesempatan ini, Bupati Nikson didampingi  Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak dan Kadis Pertanian Sey Pasaribu.

Dalam arahannya, Bupati Nikson, mengatakan, sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar dalam rangka mewujudkan visi Taput sebagai lumbung pangan.

Sehingga sangat diperlukan ketersediaan alat dan mesin pertanian.

"Untuk mewujudkan visi tersebut dalam mekanisasi pertanian,kita setiap tahunnya menanpung anggaran untuk pengadaan alsintan yang kita bagikan ke kelompok tani,seperti saat ini," ujar Bupati Nikson.

Lebih lanjut Bupati Taput menyampaikan kepada seluruh kelompok tani di Taput yang sudah menerima bantuan alsintan,agar dapat memanfaatkan dan merawat alsintan tersebut dan dimanfaatkan untuk seluruh anggotanya demi meningkatkan produksi pertanian.

“Manfaatkanlah alat dan mesin pertanian yang sudah bapak/ibu dapatkan dari pemerintah untuk kepentingan kelompok tani serta memelihara alat dan mesin pertanian agar beroperasi dengan baik dan dapat lebih meningkatkan produksi pertanian dan perekonomian anggota kelompok tani," sebut Bupati Taput.

Kadis Pertanian Kabupaten Taput, Sondang EY Pasaribu,  menyampaikan, keenam unit pompa air ini merupakan bantuan yang diberikan oleh Kementrian Pertanian Republik Indonesia ini dalam rangka mengantisifasi el nino.

"Bantuan yang di serahkan oleh bapak bupati tersebut,bersumber dari APBN kementrian Pertanian RI dalam rangka mengantisipasi fenomena el nino," ujar SEY Pasaribu saat dikonfirmasi, Senin (4/12/2023).

SEY Pasaribu juga menyebutkan  bantuan pompa air ini diserahkan kepada 6 kelompak tani dari 4 kecamatan.

Yaitu 2 unit di Kecamatan Siborongborong, 2 unit di Kecamatan Pangaribuan,1unit di Kecamatan Garoga dan 1 unit di Kecamatan Pagaran. *(darwin nainggolan)