Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Job Fair Sumut Hebat Dibuka, Sekitar 1.600 Pencari Kerja Mendaftar

Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho membuka Job Fair dalam rangka Perayaan Festival Mayday yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumut di Gedung Serba Guna Provinsi Sumut, Jalan Williem Iskandar, Kabupaten Deliserdang, Selasa (7/5/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Deliserdang| Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Arief S Trinugroho membuka Job Fair Sumut Hebat 2024. Job Fair digelar di Gedung Serba Guna Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar, Deliserdang, Selasa (7/5/2024).

Arief sangat mengapresiasi langkah Disnaker Sumut menggelar Job Fair untuk memperingati May Day. Bekerja sama dengan serikat pekerja dan serikat buruh mempertemukan pencari dan pemberi kerja.

Arief mendorong agar lapangan kerja semakin meningkat di Sumut. Karena itu, perlu keberimbangan antara produksi tenaga kerja oleh dunia pendidikan dan ketersediaan lapangan kerja.

Mewujudkan hal tersebut, kata Arief bukan hal yang mudah, namun merupakan salah satu tugas utama pemerintah. Perekonomian yang berkembang menjadi syarat utama memperluas lapangan kerja.

"Ini salah satu tugas pokok pemerintah, memperluas lapangan kerja. Namun, saat ini memang masih sulit di tengah ketidakpastian geo politik dunia," kata Arief.

Job Fair ini kata Arief, merupakan kolaborasi yang bagus. Karena masalah yang sering terjadi, pencari dan pemberi kerja tidak ketemu yang pas. Itu biasanya karena masalah informasi.

"Lewat kegiatan inilah hal tersebut bisa kita atasi," kata Arief.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sumut Ismael P Sinaga mengatakan, dunia pendidikan juga perlu mempersiapkan siswa yang siap bekerja. 

Siap bekerja berarti mampu menjadi tenaga kerja yang berkualitas dan unggul di bidangnya masing-masing.

"Dunia pendidikan juga perlu mempersiapkan adik-adik kita agar siap memasuki dunia kerja. Siap secara kualitas, siap secara mental dan keahlian, tenaga kerja yang mumpuni juga akan memberikan dampak besar ke perusahaannya," kata Ismael.

Sedikitnya, menurut Ismael, ada sekitar 1.600 pencari kerja yang mendaftar pada job fair kali ini. Terdapat 600 formasi yang dibutuhkan dari 39 perusahaan terkemuka di Sumut.

"Selama 2 hari (7-8 Mei) kita akan mempertemukan pencari dan pemberi kerja, 600 formasi itu tentu cukup besar. Kita berharap seluruh formasi tersebut terpenuhi," kata Ismael.

Hadir pada pembukaan job fair kali ini, Kepala BPJS Sumbagut Henky Roshiden, jajaran Pusat Pasar Kerja Indonesia. Hadir juga OPD terkait Pemprov Sumut, Kadin serta organiasi buruh serta tenaga kerja Sumut. * (junita sianturi)