Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sebanyak 460 Calon Jamaah Haji Langkat Ditepungtawari

Pj Bupati Langkat HM Faisal Hasrimy melakukan tepung tawar Jamaah Calon Haji dan pembukaan manasik haji tahun 1445 H/2024  M. foto: ist

SuaraTani.com - Stabat| Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat melakukan tepung tawar Jamaah Calon Haji dan pembukaan manasik haji tahun 1445 H/2024  M. Kegiatan digelar di Pendopo Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Selasa (7/5/2024).

Menurut Kakan Kemenag Langkat, H.Ainul Aswad MA, manasik haji terpadu tahun mengambil tema "Meluruskan Niat Memahamkan Ilmu untuk Tercapainya Haji Mabrur". 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan sekaligus ajang silaturahmi saling mengenal antar jamaah dari berbagai kelompok bimbingan dari sejumlah kecamatan. 

"Sekaligus dalam rangka memperkuat rasa kebersamaan serta mewujudkan jemaah calon haji yang berilmu dan mandiri," katanya.

Pj Bupati Langkat HM Faisal Hasrimy menyampaikan, manasik haji tujuannya untuk memberikan pembekalan berupa ilmu maupun wawasan pengetahuan berupa tata cara pelaksanaan ibadah haji. 

"Serta berbagai persiapan yang harus dilakukan para jemaah untuk tercapainya kesempurnaan ibadah," ucap Hasrimy.

Dia berpesan agar jamaah menjaga kesehatan, kuatkan ilmu dengan rajin bertanya, banyak membaca agar ibadah yang dilakukan tidak tertinggal rukun dan syaratnya. 

Bekali diri dengan sikap sabar selalu serta ringan tangan untuk membantu yang butuh bantuan. Berdoalah sepuasnya di tempat-tempat yang mustajab untuk diri dan keluarga. 

"Jangan lupa doakan negeri kita khususnya Kabupaten Langkat agar senantiasa dalam berkah Allah Subhanahu wataala," kata Faisal Hasrimy berpesan.

Di kesempatan itu, Pj Bupati juga memberikan cenderamata berupa kain sarung kepada seluruh jemaah dan petugas haji.

Jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Langkat sebanyak 460 orang, terdiri atas 12 karom dan 46 karu, ditambah 5 orang petugas kloter, 2 orang PHD provinsi dan 2 orang PHD Kabupaten Langkat. 

Jamaah akan berangkat dalam 2 kloter, yaitu kloter 6 dan kloter 7. Jamaah tertua laki-laki atas nama Mifta bin Muhammad Jazuli umur 84 tahun asal Kecamatan Secanggang. 

Jamaah tertua perempuan atas nama Sukasnah binti Sumarto umur 83 tahun asal Kecamatan Secanggang. Sedangkan jamaah termuda laki-laki atas nama Addin Abdillah bin Sujationo umur 19 tahun asal Kecamatan Stabat.

Sementara jamaah haji termuda perempuan atas nama  Azzra Khumairah binti Ahmad SH umur 20 tahun asal Kecamatan Bahorok.

Rencananya, jamaah calon haji Kabupaten Langkat akan dilepas secara resmi oleh Pj Bupati Langkat bersama Forkopimda pada hari Jumat, 17 Mei 2024 sore di Alun-alun T Amir Hamzah Stabat. * (junita sianturi)