Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Harga Baju Anak Naik, Sumut Inflasi 0,22%

Kepala BPS Provinsi Sumut Syech Suhaimi saat memaparkan kondisi inflasi Sumut di bulan Mei melalui kanal YouTube, Rabu (2/6/2021). suaratani.com-ist 
 

SuaraTani.com – Medan| 3 Kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Sumatera Utara (Sumut) di bulan Mei tercatat mengalami inflasi, sementara 2 kota lainnya mengalami deflasi. 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumut Syech Suhaimi mengatakan, 3 kota yang mengalami inflasi yakni Kota Medan (0,24%), Kota Pematangsiantar (0,08%), dan Kota Padangsidimpuan (0,31%).

Sementara Kota Sibolga deflasi sebesar 0,30% dan Gunung Sitoli deflasi sebesar 0,29%.

“Dengan demikian, gabungan 5 kota IHK di Sumut mendorong kita mengalami inflasi sebesar 0,22%,” ujar Syech Suhaimi dalam press release bulanan yang dilakukan secara virtual, Rabu (2/6/2021). 

Syech menyebutkan, inflasi di Sumut dipicu inflasi yang terjadi pada 9 kelompok pengeluaran, sementara 2 kelompok  pengeluaran yakni kelompok  makanan, minuman dan tembakau mengalami deflasi sebesar 0,04%, dan kemudian kelompok rekreasi, olahraga dan budaya mengalami deflasi 0,01%.

“Sementara dari 9 kelompok pengeluaran yang mengalami inflasi, tertinggi itu terjadi di kelompok pakaian dan alas kaki sebesar  1,91%  yang dipicu kenaikan harga baju anak, baju muslim wanita,” kata Syech. 

Diterangkanya, jika dilihat dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, inflasi di bulan Mei 2021 lebih rendah dibandingkan inflasi di bulan Mei 2020 yang sebesar 0,43% dan juga di bulan Mei 2019 yang sebesar 1,19%.

“ Tetapi jika kita bandingkan dengan keadaan nasional, maka baru tahun ini posisi kita dibawah nasional, baik inflasi bulanan, mau pun tahun berjalan,” tutupnya. *(ika)