Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BPS akan Lakukan Sensus UMKM di Tahun 2022

Kepala BPS Provinsi Sumut, Syech Suhaimi itu saat diwawancarai di sela-sela workshop wartawan untuk pembinaan dan ekspos data sosial ekonomi Sumut tahun 2021  di Deliserdang, Selasa (28/9/2021).suaratani.com-ika


SuaraTani.com – Deliserdang| Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara bersiap untuk melakukan pendataan/sensus  pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)  yang direncanakan dimulai secara nasional mulai tahun 2022.

"Sensus merupakan kerja sama BPS dengan Kementerian Koperasi dan UKM. Tujuan sensus agar data UMKM benar-benar valid dan datanya data tunggal," ujar Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi itu pada workshop wartawan untuk pembinaan dan ekspos data sosial ekonomi Sumut tahun 2021  di Deliserdang, Selasa (28/9/2021) . 

Syech mengakui, selama ini, data UMKM di Sumut seperti juga nasional belum terdata secara lengkap dan datanya berbeda antarinstansi seperti data di  Dinas Koperasi dan UMKM  atau Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut. 

Data yang belum akurat atau sama itu tentunya menyulitkan pemerintah dalam pengambilan keputusan kebijakan menyangkut UMKM. 

"Kondisi itu tentunya akhirnya juga merugikan UMKM," katanya. 

Dalam sensus, BPS menurut Syech akan menggunakan kriteria jumlah pekerja. Sementara selama ini,   dinas terkait dalam melakukan pendataan UMKM, menggunakan aset sebagai kritera. 

“Karena itu, sulit kita untuk mendapatkan angka yang sama karena berbedanya kriteria ini,” tegasnya. 

Sensus ini nantinya akan terus diperbaiki setiap tahunnya karena pasti ada penambahan jumlah pengusahanya. Selain jumlah, data UMKM itu akan mencakup lebih detil seperti klasifikasi UMKM, jenis usaha, domisili dan lainnya. *(ika)