Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kebakaran di Siborongborong, Kepala Satpol PP Taput Bantah Pihaknya Terlambat Datang

Kepala Satpol PP Taput, Rudi Sitorus. suaratani.com - darwin nainggolan

SuaraTani.com-Taput| Paska kebakaran yang terjadi, Rabu (22/9/2021) sekira pukul  12.00 Wib di Jalan Martimbang Kelurahan Siborongborong Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Provinsi Sumatera Utara (Sumut),  banyak menuai protes.

Protes datang  tidak hanya dari masyarakat setempat tapi juga dari para nitizen  akibat keterlambatan damkar Pemkab Tabut  di lokasi kebakaran.

"Kebakaran di Pasar Siborongborong diperkirakan terjadi pukul 11.55 Wib. Informasi yang sampai  ke kami sekira pukul 12.13 Wib. Damkar yang di Tarutung langsung berangkat menuju Siborongborong sekira pukul  12.16 Wib. Sekitar 20 menit damkar (pemadam kebakaran) sampai di lokasi dan langsung melaksanakan pemadaman api. Kurang lebih 30 menit api sudah bisa dipadamkan,” kata Kepala Satpol PP Taput, Rudi Sitorus, saat di konfirmasi  di ruang kerjanya, Kamis (23/9/2021),

Dikatakannya, sesuai dengan SOP, pihaknya meminta dukungan dari Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) dan Angkasa Pura ll Silangit.

“Damkar dari Humbahas  sampai ke lokasi api sudah padam dan langsung melaksanakan pendinginan atau penyemprotan bara api yang masih menyala. Jadi, kedatangan damkar tidak terlambat," ujar Rudi.

Terkait damkar yang ada di pos Siborongborong yang mengalami kerusakan, Rudi membenarkannya. Menurutnya, unit yang ada di Siborongborong itu pengadaan tahun 2002 yang lalu. Dan,  megalami kerusakan kurang lebih dua bulan yang lalu, komponen yang rusak adalah rantai temeng.

“Rantai temeng belt damkar itu beda dengan temeng belt bus atau truk jadi harus kita inden  ke Jakarta. Sudah dua kali kita inden, tidak ada yang pas, hingga kita harus memodifikasi,” terangnya.

Untuk Tahun Anggaran 2022, kata Rudi, sudah dianggarkan pengadaan satu unit mobil damkar untuk mengganti damkar yang ada di pos Siborongborong.

“Kita mengucapkan terima kasih ke Pemkab Humbahas  dan Angkasa Pura II Silangit atas kerja sama dan partisipasinya," ujar Rudi.

Camat Kecamatan Siborongborong, Erwan Hutagalung yang dikonfirmasi  lewat aplikasi WhatsApp mengatakan, kehadiran damkar yang  pertama hadir adalah damkar Taput, kemudian damkar Humbahas  untuk proses pendinginan kebakaran.

R Hutabarat,  seorang pedagang di Pasar Siborongborong yang menyaksikan kebakaran membenarkan bahwa damkar Taput lebih dulu tiba di lokasi untuk memadamkan api.* (darwin nainggolan)