Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

4.000 batang Bibit Jeruk Siam Madu Dikirim UPT BIH Arse ke Karo

UPT BIH Arse saat mengirimkan 4.000 batang bibit jeruk madu ke Karo.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Unit Pelaksana Teknis (UPT) Benih Induk Hortikultura (BIH) Arse di Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) secara rutin mengirimkan bibit beragam tanaman hortikultura ke berbagai daerah termasuk ke Pulau Jawa. 

Terbaru, UPT BIH Arse mengirimkan 4.000 batang bibit jeruk varietas siam madu ke Kabupaten Karo. Tidak hanya bibit jeruk, pihaknya juga telah mengirimkan 2.000 batang bibit durian ke Kabupaten Madina di awal Juni 2022 lalu. 

Kepala UPT Arse, Juswardi Ritonga, mengatakan, pengiriman bibit ini sejalan dengan visi UPT Arse sebagai salah satu institusi penyedia benih hortikultura berkualitas di Sumut. Sementara misi yang diemban pihaknya, mengoleksi pohon induk buah-buahan unggulan, baik lokal maupun nasional dari Sumut dalam upaya mendukung perbanyakan bibit.

“Dalam setahun, puluhan ribu bibit beragam tanaman hortikultura kita kirim ke berbagai daerah” ujar Juswardi ketika dihubungi , Selasa (21/06/2022).

Dikatakannya, UPT Arse yang berdiri sejak tahun 1995 memiliki areal seluas 14 hektare (Ha), dan memiliki beragam koleksi pohon induk, khususnya buah-buahan yang tumbuh subur. Beberapa diantaranya seperti jeruk siam madu, jeruk keprok maga, durian, mangga, manggis, sirsak, alpukat, duku, buah naga, serta beragam varietas belimbing dan jambu. 

Selain itu, di areal UPT Arse juga ditanami sayuran dataran tinggi seperti kentang, cabai merah, tomat, buncis, terong dan wortel.

“Kita punya duku berlabel ungu, sirsak ratu berlabel putih, manggis ratu lemang dan manggis tembilaya berlabel putih, durian matahari berlabel putih dan surian sulum berlabel ungu," sebutnya seraya menambahkan,  perbanyakan bibit umumnya dilakukan dengan memanfaatkan batang bawah.

Ditemui terpisah, Pelaksana Kepala Dinas TPH Sumut, Hj Lusyantini, membenarkan upaya yang telah dilakukan jajaran UPT BIH Arse selaku salah satu institusi penyedia bibit hortikultura berkualitas di Sumut.

Ketersediaan bibit hortikultura unggul bersertifikat akan mendukung peningkatan produktivitas dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga petani. 

“Kita berharap, bibit unggul yang dihasilkan tiga UPT itu bisa dimanfaatkan para petani tanaman hortikultura, khususnya di sentra pertanaman hortikultura Sumatera Utara,” pungkasnya. *(ika)