Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Harga Bawang Merah Berpeluang Turun, Daging Ayam Masih akan Berfluktuasi

Pedagang bawang di Pasar MMTC, Deliserdang. Harga bawang merah diprediksi akan turun dalam beberapa hari kedepan seiring mulai membaiknya pasokan bawang merah dari daerah penghasil.suaratani.com-ika

SuaraTani.com – Medan| Harga bawang merah berpeluang turun, setelah harga bawang merah bertahan mahal di kisaran Rp45 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram (kg), untuk wilayah Medan dan sejumlah kota lainnya.

Sebelumnya, harga bawang merah mahal sebagai dampak penurunan produktivitas dari petani khususnya di Pulau Jawa. 

Produksi bawang merah dari Jawa sangat mendominasi pembentukan harga bawang merah di tingkat nasional, meskipun pada dasarnya masing masing wilayah memiliki basis produksinya sendiri, terkecuali wilayah provinsi yang mencakup perkotaan layaknya DKI Jakarta. 

“Dari pantauan di lapangan, pasokan bawang merah perlahan sudah mulai mengalami peningkatan,” kata Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Kota Medan, Gunawan Benjamin di Medan, Selasa (14/6/2022).

Jika pasokan itu konsisten terus mengalami peningkatan, dan terus membanjiri pasar tradisional, maka harga bawang merah berpeluang untuk kembali turun. Diperkirakan menjelang Idul Adha nanti, harga bawang merah akan turun dari kisaran Rp50 ribu per kg menjadi Rp30 ribu per kg nya. 

“Atau ada potensi penurunan harga sekitar Rp15 ribu hingga Rp20 ribu per kg nya,” kata Gunawan.

Dan beberapa kota yang berdekatan dengan sumber produksi bawang seperti Medan, yang pasokan bawang merah juga dihadirkan dari wilayah sebelahnya, seperti Karo, Merek, dan  Samosir, harganya berpeluang untuk turun lebih tajam jika pasokannya melimpah dari wilayah tersebut.

Di sisi lainnya, lanjut Gunawan,  tren perkembangan harga daging ayam kerap beriringan dengan kinerja mata uang rupiah terhadap US Dolar serta fluktuasi harga pangan global. Kenaikan maupun penurunan harga pakan ternak itu sangat mempengaruhi pembentukan harga daging ayam. Komponen bahan baku untuk pembentukan harga pakan ternak sendiri sebagian bahan bakunya juga harus diimpor.

Sejauh ini harga daging ayam di Medan berkisar Rp35 ribu per kg. Di wilayah lain berkisar Rp35 ribu hingga Rp40 ribu per kg. Diperkirakan harga daging ayam masih akan terus berfluktuasi dan bertahan mahal, seiring dengan tren kenaikan harga pangan global, kenaikan harga energi serta fluktuasi pada mata uang rupiah.

Tren konsumsi daging yang diiperkirakan meningkat menjelang Iduladha memang menyisakan kekuatiran akan peningkatan permintaan daging ayam. Tetapi saya menilai demand menjelang Iduladha ini tidak akan berpengaruh banyak pada pembentukan harga daging ayam. 

“Faktor pembenatukan harga produksi lebih menentukan bagaimana harga dagaing ayam nantinya,” pungkasnya. *(ika)