Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Terima Mahasiswa Baru, Universitas Pertamina Siapkan Beasiswa Hingga Rp24 Miliar

Sekretaris Universitas Pertamina, Roby Hervindo.suaratani.com-ist 

SuaraTani.com – Medan| Universitas Pertamina menyiapkan anggaran beasiswa sebesar Rp24 miliar bagi mahasiswa baru di tahun 2022. 

Sekretaris  Universitas Pertamina, Roby Hervindo menyebutkan, dari anggaran beasiswa yang disiapkan ini, Rp16 miliar diantaranya dialokasikan untuk  beasiswa Ujung Negeri yang ditujukan buat siswa SMA/SMK/sederajat dari daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar), terdampak bencana dan atau daerah konflik.

“Anggaran beasiswa ini naik jika dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp14 miliar,” ujar Roby saat dihubungi, Rabu (15/6/2022).

Roby menyebutkan, di tahun ajaran baru kali ini, Universitas Pertamina mulai membuka jalur penerimaan mahasiswa baru hingga 30 Juni lewat 2 cara. 

Cara pertama dengan melakukan seleksi berdasarkan nilai rapor atau tanpa tes, dengan biaya pendaftaran sebesar Rp150 ribu untuk program IPA atau IPS dan Rp200 ribu untuk program IPC. 

“Sedangkan cara kedua menggunakan test, atau kita sebut ujian mandiri. Pada test ini, kita kenakan biaya pendaftaran sebesar Rp300 ribu untuk program IPA atau IPS, dan Rp375 untuk program IPC,” katanya. 

Nantinya kata Roby, setiap program studi akan menerima mahasiswa sebanyak 75 hingga 100 mahasiswa baru. 

“Dan sejauh ini yang paling banyak menarik minat adalah Teknik Perminyakan, Informatika, Logistik,” terangnya. 

Universitas Pertamina merupakan kampus swasta non-kedinasan yang berada di bawah naungan Yayasan Pertamina atau Pertamina Foundation. 

Pertamina Foundation merupakan yayasan yang selama 2012-2014 telah mendanai lebih dari Rp300 miliar untuk berbagai kegiatan berorientasi pendidikan dan lingkungan hidup antara lain, implementasi Education for Sustainable Development (Sekolah Sobat Bumi), hibah penelitian dan anugerah riset, beasiswa, relawan tenaga pendidikan, dan restorasi lingkungan.

Sementara pada 2015, Pertamina Foundation lebih meningkatkan fokus pada program-program pendidikan. Seperti, memperluas cakupan wilayah kerja dan pendanaan program. Selain itu, membangun sistem manajemen program berbasis teknologi informasi dan merintis pendirian Universitas Pertamina. Universitas Pertamina saat ini memiliki 6 Fakultas dan 15 Program Studi strata 1. *(ika)