Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Harga Cabai Merah Bergerak Turun, Harga Cabai Rawit Justru Bertahan Mahal

Pedagang menyiapkan komoditas yang dibeli konsumen. Dalam sepekan terakhir, harga cabai merah terus bergerak turun dikarenakan pasokan yang mulai banyak masuk ke pasar.suaratani.com-ist 

SuaraTani.com – Medan| Harga cabai merah di Sumatera Utara (Sumut) dalam sepekan terakhir terpantau mengalami penurunan yang cukup signifikan. Di kota Indeks Harga Konsumen (IHK), harga cabai merah pada hari ini terpantau turun Rp9.049 per kilogram (kg) jika dibandingkan Jumat lalu. Sedangkan di kota non IHK, harga cabai merah terpantau turun Rp2.478 per kg.

Harga terendah ada di Kota Tebingtinggi, Sibolga dan Kabupaten Langkat sebesar Rp55.000 per kg dan tertinggi ada di Kabupaten Toba yang masih mencapai Rp100.000 per kg. Sedangkan rata-rata kota IHK tercatat sebesar Rp65.722 per kg.

“Penurunan ini dikarenakan stok yang masuk ke pasar mulai banyak,” ujar Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut, Barita Sihite, di Medan, Senin (15/8/2022).

Selain cabai merah, harga bawang merah menurut Barita juga terpantau mengalami penurunan jika dibandingkan Jumat lalu. Terendah harga bawang merah dijual Rp28.000 per kg di Kabupaten Deliserdang dan Langkat, sementara tertinggi ada di Kota Padangsidimpuan yang dijual dengan harga Rp49.500 per kg. Untuk rata-rata kota IHK, harga bawang merah tercatat sebesar Rpp35.489 per kg.

“Harga daging sapi juga terpantau turun meski tidak terlalu signifikan. Terendah harga daging sapi dijual seharga Rp120.000 per kg di Kabupaten Langkat dan Karo, sementara di Madina harga daging sapi masih Rp166.667 per kg. Sedangkan rata-rata harga di kota IHK itu sebesar Rp138.056 per kg,” katanya.

Barita menyebutkan, berbeda dengan harga daging sapi, harga daging ayam broiler terpantau mengalami kenaikan sekitar 3,5% di hari ini jika dibandingkan harga di Jumat lalu. Kenaikan tertinggi terjadi di Kabupaten Padanglawas dan Labuhanbatu Selatan. Di dua kabupaten ini, harga daging ayam broiler naik Rp3.000 per kg. 

“Harga terendah itu kita temukan di Kota Tebingtinggi sebesar Rp21.500 per kg dan tertinggi ada di Kabupaten Toba yang mencapai Rp43.333 per kg. Sementara rata-rata harga di kota IHK tercatat sebesar Rp29.867 per kg, atau naik Rp1.041 per kg jika disbanding ” tambahnya. 

Selain harga daging ayam broiler, harga kacang kedelai eks impor, cabai rawit hijau, telur ayam ras, minyak goreng curah dan gula pasir mengalami kenaikan. *(ika)