Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mendag Zulkifli Hasan Bahas: Harga Bapok Stabil, Sebagian Alami Penurunan

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI yang berlangsung di Jakarta, Rabu (15/3/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Jakarta| Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menjelaskan, harga barang kebutuhan pokok (bapok) dalam kondisi stabil dan sebagian mengalami penurunan. 

Penegasan ini disampaikannya dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat  Republik Indonesia (DPR RI) di Jakarta, Rabu (15/3/2023). 

Raker membahas stabilisasi komoditas minyak goreng serta kesiapan Kementerian Perdagangan dalam stabilisasi bapok jelang puasa dan Lebaran 2023.

“Beberapa komoditas yang memberi andil pada inflasi yaitu beras dengan kenaikan  0,08% (month-to-month/mtm), bawang  merah  naik  0,03% (mtm),  dan  bawang  putih  naik  0,01%  (mtm). 

Beberapa komoditas yang menyumbang deflasi antara lain daging ayam ras yang turun 0,02% (mtm), tomat turun 0,02% (mtm), telur ayam ras turun 0,02% (mtm), cabai rawit turun 0,01% (mtm), serta minyak goreng turun 0,01% (mtm),” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan, terkait minyak goreng, Kementerian Perdagangan memastikan terjadi peningkatan penyediaan Domestic Market Obligation (DMO) sebesar 450 ribu ton per bulan.

“Sebagai langkah antisipatif periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Puasa-Lebaran 2023 dan peningkatan jumlah konsumen yang menggunakan MINYAKITA, Kemendag telah meningkatkan target  penyediaan DMO minyak goreng rakyat  menjadi  sebesar 450 ribu ton per bulan untuk periode Februari, Maret, dan April. Kemendag juga mengalihkan hak ekspor yang telah dimiliki  produsen CPO  sebagai deposit yang  baru bisa digunakan  pada Mei 2023,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Berdasarkan rilis BPS, terjadi deflasi sebesar 0,01% pada Februari 2023 untuk komoditas minyak goreng.  

Realisasi DMO bulan Februari 2023 mencapai 36% lebih tinggi dibanding penyaluran Januari 2023 atau sebesar 360.150 ton yang terdiri atas minyak curah sebesar 271.339 ton (75,34%) dan MINYAKITA 88.811 ton (24,66%). 

“Peningkatan signifikan realisasi ini merupakan usaha keras program stabilisasi yang telah dilaksanakan Pemerintah,” imbuh Mendag Zulkifli Hasan.

Menjelang periode Ramadan dan Lebaran 2023, lanjut Mendag Zulkifli Hasan, harga sejumlah komoditas terpantau stabil dan mengalami penurunan.  

Gula pasir stabil di kisaran Rp14.400/kg, daging sapi Rp137.500/kg, dan daging ayam Rp34.000/kg (di bawah harga acuan Rp140.000/kg untuk daging sapi dan Rp36.750/kg untuk  daging  ayam).  

Sementara itu, kenaikan harga cabaidiproyeksikanakantemporer karena curah hujan yang cukup intensif selama Februari–Maret dan kenaikan harga bawang putih segera normal seiring realisasi impor yang mulai masuk.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, tingkat inflasi umum di Indonesia bulan Februari 2023 menurun dibandingkan bulan sebelumnya yaitu sebesar 0,16% (mtm) dan 5,47% (year-on-year/yoy).  

Sementara itu, inflasi pangan bergejolak bulan Februari 2023 sebesar 0,28% (mtm) dan 7,62% (yoy).

“Kemendag terus mendorong realisasi impor tepat waktu dan tepat jumlah sesuai kesepakatan neraca komoditas yang ditetapkan antarinstansi melalui Rapat Koordinasi Tingkat Menko. Berdasarkan data  yang kami himpun dari pelaku  usaha, pasar induk, maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN),   ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok terpantau cukup untuk memenuhi kebutuhan periode Puasa-Lebaran 2023. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam Neraca Pangan Badan Pangan Nasional,” jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Saat ini, proses transisi pendelegasian kewenangan perumusan kebijakan dan penetapan kebijakan stabilisasi harga dan distribusi pangan, serta perumusan kebijakan dan penetapan kebutuhan  ekspor  dan impor pangan dari Kemendag kepada Badan Pangan Nasional  tengah berlangsung sesuai amanat  Peraturan Presiden Nomor 66  Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional.

“Kemendag juga akan melakukan pemantauan dan pengawasan distribusi barang kebutuhan pokok dan barang penting (bapokting) di berbagai daerah secara intensif. Kegiatan pemantauandan pengawasan  tersebut rencananya akan melibatkan Satgas Pangan. Adapun yang menjadi objek pengawasan adalah  minyak goreng, beras, gula, dan daging. Sedangkan lokasi yang akan menjadi fokus pemantauan dan pengawasan bapokting antara lain pengawasan ke produsen gula, distributor bapok,feedlot, pasar, dan ritel modern,” pungkas Mendag Zulkifli Hasan. *(jasmin)