Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pasar Keuangan Stabil, IHSG dan Rupiah Ditutup Menguat



Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin. suaratani.com - dok 

Suaratani.com – Medan| Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengakhiri perdagangan pekan ini dengan ditutup menguat 0,33% di level 6.222,52. Sementara mata uang Rupiah ditutup  menguat di level 13.972 per US Dolar. 

Kinerja pasar keuangan menjelang libur panjang pada hari ini  menurut Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin terbilang cukup baik, tidak begitu merespon dialog antara Joe Biden dan Xi Jinping, yang justru menunjukan tensi perang dagang kian memanas.

Dimana Presiden Amerika Serikat (AS) yang melakukan pembicaraan dengan Presiden China, menekankan bahwa terjadi praktik dagang yang tidak fair. 

“Dalam kacamata saya, ini menunjukkan bahwa AS tetap akan melanjutkan upaya perang dagang dengan China, dan upaya ini nantinya akan diterjemahkan sebagai kemungkinan adanya tekanan pada pasar keuangan untuk waktu yang belum bisa ditentukan,” kata Gunawan  di Medan, Kamis (11/2/2021).

Gunawan menilai, hubungan dagang kedua negara ini belum menemukan titik temu, yang nantinya akan membuat pasar lebih gamang dan sulit untuk menguat dalam tren yang lebih panjang. Pelaku pasar akan lebih rentan dari sesuatu yang sifatnya sulit diprediksikan.

“Artinya, jika hubungan kedua negara memburuk, yang disertai dengan kebijakan yang justru membuat aktifitas ekonomi mengalami gangguan. Ini bisa membuat pasar keuangan merespon dengan penurunan yang bisa saja terjadi secara tiba-tiba,” pungkasnya. * (ika)