Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Awali Pekan, IHSG Terjun Bebas di Zona Merah

Ilustrasi.  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengawali perdagangan pekan ini, bertengger di zona merah. suaratani.com - dok

SuaraTani.com - Medan| Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengawali perdagangan pekan ini, bertengger di zona merah. Meski sempat dibuka menguat tipis di level 6.322,52, IHSG langsung terjun bebas dengan mencatatkan minus yang sempat menembus level psikologis 6.200. 

IHSG sempat terpuruk hingga ke level 6.172,23 pada sesi perdagangan pagi ini. Dan kondisinya sejauh ini masih tidak jauh berbeda dimana IHSG mencatatkan penurunan hingga mendekati 2%.

Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin mengatakan, tidak ada sentimen positif yang mampu mendorong kinerja pasar modal  pada hari ini, Senin (25/1/2021). 

Dimulai dari memburuknya ekspektasi  ekonomi dunia, dimana Presiden AS Joe Biden justru melakukan upaya untuk tetap memberikan tekanan terhadap China yang membuyarkan ekspektasi pemulihan ekonomi global, ditambah kekhawatiran akan penyebaran covid-19 terus berlanjut. 

"Sayangnya, pemerintah kita juga memperpanjang kebijakan PPKM yang membuat pelaku pasar semakin kuatir dengan prospek pemulihan ekonomi domestik," ujar Gunawan di Medan, Senin (25/1/2021).

Di sisi lain, mata uang Rupiah juga berkinerja buruk di sesi pembukaan. Rupiah langsung melemah ke level 14.055 per US Dolar. Kinerja pasar keuangan mengalami keterpurukan seiring dengan memburuknya kinerja pasar keuangan global. 

"Dan pekan ini akan menjadi pekan yang akan lebih banyak mendatangkan tekanan bagi pasar dibandingkan potensi penguatannya," tutup Gunawan. * (ika)