Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Polres Taput Jaring 19 Orang Pembalap Liar dan Knalpot Blong

Razia khusus dilaksanakan Polres Taput di Tarutung, Sabtu (23/1/2021), pukul 23.00 Wib. suaratani.com - ist

SuaraTani.com – Taput| Suara bising  yang keluar dari knalpot blong pengendara sepeda motor dan kerapnya terjadi balap liar membuat masyarakat Tarutung  resah dan jengkel sehingga hal itu menjadi sorotan masyarakat.

Menindaklanjuti keresahan masyarakat tersebut, Polres Tapanuli UTara (Taput), Provinsi Sumatera Utara (Sumut),  bertindak tegas dan berhasil mengamankan para pelaku balap liar. 

Kapolres Taput AKBP Muhammad Saleh melalui Kasubbag Humas Aiptu W Baringbing menjelaskan, bahwa balap liar dan pengguna sepeda motor dengan knalpot blong ini kerap meresahkan hingga mengganggu ketenangan warga saat istirahat di rumah. 

“Karena itu, kami melakukan razia khusus gabungan pada Sabtu (23/1/2021) malam sekira pukul 23.00 Wib  terhadap balap liar dan juga pengguna knalpot blong. Kami  berhasil mengamankan 19 orang yang terlibat balap liar yang terorganisir secara ilegal, termasuk perorangan  pengguna knalpot blong berhasil kita amankan,” jelasnya. 

Razia tersebut dipimpin langsung oleh Kabag Ops Kompol H Sihombing di wilayah Kecamatan Tarutung, Kecamatan Siatasbarita dan Kecamatan Sipoholon.

“Seluruhnya sepeda motor dan orang yang berhasil di tangkap kami amankan ke Polres Taput. Kami mengidentifikasi kenderaan apakah sesuai STNK dengan nomor polisi, nomor mesin juga nomor rangka masing-masing kenderaan serta SIM bagi pengenderanya,” jelasnya. 

Seluruh pengendara, kata dia, diamankan dan dilakukan pembinaan serta membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatannya sebelum di pulangkan ke rumah masing-masing. Sementara  sepeda motornya, masih ditahan karena perbuatan tersebut merupakan pelanggaran terhadap Undang-undang lalu lintas sehingga dilakukan penilangan.

“Setelah tilang sudah disidangkan, baru sepeda motor bisa diambil dari Polres namun tetap akan mengganti knalpot blongnya dengan knalpot standard,” kata  Kapolres.

Pihaknya mengimbau  seluruh pemilik sepeda motor, untuk menuruti  aturan berlalulintas serta saling menjaga perasaan satu sama lain.

“Razia ini akan rutin kami lakukan di seluruh wilayah hukum Polres Taput. Saya mengimbau agar semua  Polsek  terlibat untuk menindak lanjuti razia ini di setiap wilayah masing-masing,” tegas Kapolres. * (darwin nainggolan)